PLN Tak Datangi Lagi ke Rumah Catat Meteran



Petugas memeriksa meteran listrik di Rusun Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (8/1/2018).Foto: Muhammad Sabki
Petugas memeriksa meteran listrik di Rusun Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (8/1/2018).

Gregorius juga menjelaskan bahwa saat ini perusahaan tengah meningkatkan pelayanan pada pelanggan PLN dengan pemasangan AMR. Sistem tersebut bisa membaca penggunaan listrik melalui saluran komunikasi tertentu secara terintegrasi.

Pengecekan penggunaan daya listrik dengan sistem tersebut bisa dilakukan secara langsung atau real time, baik bagi pelanggan maupun dari pihak PLN.

"AMR adalah teknologi otomatis pembacaan meter energi listrik menggunakan software tertentu melalui saluran komunikasi Global System for Mobile Communication (GSM) secara terpusat dan terintegrasi untuk mendapatkan data beban energi listrik secara real time," jelasnya.

Gregorius menyebutkan sudah ada sebanyak 514.324 pelanggan PLN yang menggunakan sistem AMR. Jumlah itu setara 63% dari total pelanggan berdaya 6.600 VA ke atas sebanyak 819.565.

"Hingga saat ini, dari total 819.565 pelanggan 3 phasa di seluruh Indonesia, 63% atau sebesar 514.324 pelanggan telah menggunakan AMR," ujarnya.(rsa/wur)

Posting Komentar untuk "PLN Tak Datangi Lagi ke Rumah Catat Meteran"