Sejumlah Warga Kelurahan Buakana, Menolak Pergantian Ketua RT?RW


Media Duta,- Sejumlah Ketua RT/RW di Kelurahan Buakana, Kecamatan Rappocini,  Makassar menolak adanya pergantian Ketua RT/RW baru tanpa sepengetahuan dan koordinasi dari pihak kelurahan.

 Penolakan itupun dilakukan dengan menggelar aksi damai di depan kantor Kelurahan Buakana, Rabu, 18 September 2024. 

“Ini aksi damai, warga ini cuman curhat curhat saja. Wajar kalau dia luapkan uneg unegnya karena adanya kejenuhan, karena ada sedikit pembiaran pemecatan langsung tidak ada koordinasi.

 Kita tidak tahu apa kesalahan kami, nanti dilihat keselahan kita di atas kertas bahwa ini yang akan diganti karena ini kesalahaanya ini. Inikan tidak sesuai,” ujar Ketua RW 5 Kelurahan Buakana, Andi Nurhani Nurdin.

 Salah satu hal yang menjanggal juga adalah penunjukan salah satu Ketua RT baru yang dinilai tidak pro ke warganya. 

“Seperti kegiatan 17 Agustus lalu, salah satu Ketua RT yang saat ini menjabat tidak ada di tempat saat kegiatan 17 Agustus malah dia pergi rekreasi, itu salah satu kejenuhannya warga. 

Tapi kenapa justru suaminya yang kemudian diangkat lagi menjadi ketua RW baru yang selama ini tidak memperhatikan warga itu yang diangkat,” ungkapnya.

 Kata dia, meski ada Peraturan Wali Kota (Perwali) baru yang diterapkan perlu adanya komunikasi sebelumnya dengan Ketua RT/RW yang lama agar tidak ada riak-riak di masyarakat. 

“Kalau pun ada perwali baru kita masih menerima asalkan ada komunikasi Lurah dengan kami. 

Saya diangkat (Ketua RW) ini ada SK pak wali, SK ini serentak di  Kota Makassar tapi disaat ada pergantian kita tidak dipanggil padahal pergantian rw dulu waktu 3 bulan lalu kita dipanggil dan kami datang,” tutur Andi Nurhani  

 Masjid Pihaknya pun meminta agar Lurah Buakana segera memberikan klarifikasi dan penjelasan terkait surat usulan pergantian yang telah ditandatagani. 

Kita cuman mau minta ibu lurah klarifikasi mengundang semua Ketua RT/RW bahwa ini kesalahanmu biar tidak keliru, itu yang kita minta. Supaya tidak ada riak-riak,” pungkasnya. 

Diketahui, ada sebanyak 13 Ketua RT/RW yang diusulkan Lurah Buakana untuk diganti. Berikut nama-namanya: Penulis: Nurjannah

Posting Komentar untuk "Sejumlah Warga Kelurahan Buakana, Menolak Pergantian Ketua RT?RW"