Mendagri Akan Umumkan 4 Nama Pjs Kepala Daerah di Sulsel

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Makassar Media Duta, - Nama-nama calon Penjabat Sementara (Pjs) di empat daerah Sulawesi Selatan masih dalam proses seleksi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Belum ada satupun nama yang dikeluarkan bakal mengisi jabatan kepala daerah.

Ada empat daerah akan diisi oleh Pjs sebab kepala daerahnya maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Keempatnya, yakni Makassar, Luwu Timur, Toraja Utara, dan Bulukumba. Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh menyebut pekan depan nama-nama tersebut akan diumumkan.

Pasalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan menetapkan calon kepala daerah yang maju Pilkada.

Sehingga tepat pada momen itu, kepala daerah yang maju Pilkada harus menjalani cuti.Pjs pun akan menjadi pimpinan sementara.

"Ya kan nanti pekan depan, penggantinya pekan depan. Nanti akan ditunjuk kalau sudah waktunya," kata Prof Zudan."Tenang saja semua sudah disiapkan sistemnya," sambungnya.

Pemprov Sulsel sudah mengusulkan tiga nama untuk masing-masing daerah.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sulsel Idham Kadir juga enggan membuka lebih jauh nama-nama yang diusulkan. Sementara kursi Wakil Wali Kota Makassar kosong sejak Fatmawati Rusdi mundur pada Pileg lalu.

Di Luwu Timur, Budiman dan Akbar Andi Leluasa kembali berpasangan maju Pilkada.

Pasangan ini mendapat dukungan dari PDIP, Golkar, Gerindra dan PPP. Sementara di Bulukumba, Andi Utta dan Edy Manaf berpasangan lagi.

Di Toraja Utara justru berbeda.

Bupati Yohanis Bassang akan melawan wakilnya sendiri Frederik Palembong.Yohanis Bassang maju menggandeng Marthen Rante Tondok didukung Golkar dan Perindo.

Sedangkan Frederik Palembong menggaet Andrew Branch Silambe maju kontestasi Pilkada.(*)

Posting Komentar untuk "Mendagri Akan Umumkan 4 Nama Pjs Kepala Daerah di Sulsel"