50 Anggota DPRD Makassar Periode 2024-2029 Dilantik

Foto: Kantor DPRD Kota Makassar. (Isman/)


Makassar Media Duta, - Sebanyak 50 anggota DPRD Kota Makassar Periode 2024-2029 terpilih akan dilantik hari ini. Sekretariat DPRD Makassar mempersiapkan konsep pelantikan legislator baru yang dikemas dalam nuansa budaya lokal.

Pelantikan akan digelar dalam rapat paripurna pengucapan sumpah jabatan 50 anggota DPRD Makassar di Gedung DPRD Kota Makassar, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (9/9) pukul 10.00 Wita.

 Pelantikan ditandai dengan penyematan pin emas yang merupakan atribut anggota dewan.
"Penyematan pin emas tetap dilaksanakan. Sementara proses dan kemungkinan akan disematkan pada saat pelantikan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Makassar, Syahril kepada detikSulsel, Minggu (8/9/2024).

Syahril mengatakan, ada dua pin yang dipersiapkan untuk anggota DPRD Makassar. Tiap legislator dibekali pin emas asli dan pin emas imitasi untuk pelantikan.

"Jadi, kalau tidak jadi, belum selesai yang asli, kemungkinan disematkan (pin emas) yang imitasi," tuturnya.

Dia membeberkan pin emas asli sementara perampungan. Namun jika pin emas belum siap saat pelantikan, maka 50 anggota DPRD Makassar akan diberi pin emas imitasi untuk sementara.

"Sementara proses mau pengambilan. Saya kurang tahu (pin emas yang diambil itu asli atau imitasi). Tapi, pada prosesnya nanti akan dikasih yang asli setelah pelantikan," beber Syahril.

Syahril menjelaskan, proses gladi bersih pelantikan sudah dilaksanakan sebelumnya. Menurut dia, konsep ini diusung untuk memberikan semangat kepada anggota DPRD Makassar Periode 2024-2029.

"Acara pelantikan ini kami combine dengan budaya lokal sehingga ada yang berbeda dengan paripurna (pelantikan) biasanya," paparnya.

Baca juga:
Setwan Siapkan Pin Emas Imitasi untuk Pelantikan Anggota DPRD Makassar



Prosesi pelantikan juga akan dimeriahkan dengan penampilan seni tradisional ganrang bulo. Syahril mengatakan, pelantikan tetap mengacu pada regulasi yang berlaku.

"Pelantikan itu sudah diatur undang-undang tata caranya, tetapi kita sisipkan budaya lokal," imbuh Syahril.

Pin Emas untuk Legislator Baru
Sekretariat DPRD Makassar telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 2,4 miliar untuk anggota DPRD Makassar Periode 2024-2029. Anggaran itu mengakomodir pengadaan jas baru dan pin emas.

"Itu anggaran Rp 2,4 miliar itu secara keseluruhan, hak-hak dan kelengkapan anggota dewan," kata Sekretaris DPRD Makassar Dahyal saat dikonfirmasi detikSulsel, Selasa (9/7).

Baca juga:
Anggaran Rp 2,4 M untuk Pin Emas-Jas Baru Anggota DPRD Makassar Baru Terpilih
Dahyal mengatakan, pengadaan jas termasuk pakaian dinas sudah rutin dianggarkan tiap tahun. Dia kembali menegaskan bahwa tidak ada aturan yang dilanggar terkait pengadaan kelengkapan anggota dewan itu.

"Baru satu, jas saja dulu, Rp 2,1 juta tiap anggota. Pakaian lain nanti tahun depan start hak-haknya yang baru (terpilih)," sebut Dahyal.

Sementara untuk pembelian pin emas totalnya 100 keping. Setiap anggota DPRD Makassar, akan mendapatkan masing-masing 2 pin emas.

"2 biji (pin emas), ukurannya satu kecil, satu besar. Dua-duanya pin lambang daerah. (Berat pin emas) Sama 10 gram, mungkin beda ketebalan," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Daftar 50 Anggota DPRD Makassar
Diketahui, 50 anggota DPRD Kota Makassar Periode 2024-2024 yang dilantik merupakan caleg terpilih hasil Pileg 2024. Data dari Sekretariat DPRD Makassar, NasDem merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak yakni 8 kursi.

Sementara Golkar, Gerindra, dan PKS masing-masing 6 kursi. Selanjutnya PKB, PDIP dan PPP masing-masing 5 kursi. Sementara PAN dan Demokrat masing-masing 3 kursi, Hanura 2 kursi dan Perindo 1 kursi.

Baca juga:
DPRD-Pemkot Makassar Tetapkan APBD Perubahan 2024 Rp 5,29 Triliun
Berikut daftar 50 anggota DPRD Makassar Periode 2024-2029 yang dilantik:

Fraksi NasDem

Irwan Jafar

Ruslan Lallo

Syaiful
M Yahya

A Odhika Cakra Satriawan

Supratman

Jufri Pabe

Ari Ashari Ilham

Fraksi Golkar

Ruslan Mahmud

Muhammad Yulianto Badwi
Ismail

Andi Suharmika

Eshin Usami Nur Rahman

Arifin Majid

Fraksi PKS

Anwar Faruq

Andi Hadi Ibrahim Baso

Azwar Rasmin

Hartono

Adi Akbar

Rezeki Nur

Fraksi Gerindra

Eric Horas
A Pahlevi

Idris
Kasrudi

Muh Farid rayendra

Budi Hastuti

Fraksi PDIP

Andi Suhada Sappaile
William

Udin Shaputra 
Malik Mesakh Rantepadang

Andi Tenri Uji Idris

Fraksi PKB

Fahrizal Arrahman Husain

Basdir
Zulhajar

Imam Musakkar

Andi Makmur Burhanuddin

Fraksi PPP

Fasruddin Rusly

Rahmat Taqwa Qurais

Meinsani Kecca

Umiyati
Irwan Hasan

Fraksi Demokrat
Rezki

Ray Suryadi Arsyad

Tri Sulkarnain Ahmad

Fraksi PAN

Irfan Malluserang

Sangkala Saddiko

Muhammad Nasir R

Fraksi Hanura

Muchlis A Misbah

Irmawati Sila

Fraksi Perindo

Yulius Patandianan
(sar/hsr)

Posting Komentar untuk "50 Anggota DPRD Makassar Periode 2024-2029 Dilantik"