Kepala P3E SUMA KLHK Hadiri Pertikawan Nasional 2024


Jakarta Media Duta,- Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku,  Setjen KLHK  Dr. Mini Farida menghadiri acara pembukaan 'Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) Nasional ke-II Tahun 2024'  di Bumi Perkemahan dan Taman Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Senin (23/09/2024).

Perkemahan Bakti Saka Kalpataru Wanabakti (Pertikawan) merupakan agenda rutin yang digelar Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti dalam Gerakan Pramuka Indonesia. 

Melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai pengampu Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru tingkat Nasional yang bertujuan  meningkatkan peran Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan Generasi Muda.

Pertikawan Nasional ini dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI selaku Ketua Mabisaka Kalpataru dan Saka Wanabakti Tingkat Nasional Prof Dr. Ir. Siti Nurbaya M. .Sc. didampingi Wakil Menteri LHK Alue Dohong., M.Sc,

Pelaksana Harian Ketua Kwarnas 

Mayjen TNI MA.SC (Purn) Dr. Bachtiar Utomo S.I,P., M.A.P, Sekretaris Jenderal KLHK Dr.Ir Bambang Hendroyono, MM selaku Ketua Umum Pimpinan Saka Wanabakti dan Kalpataru Tingkat Nasional,  Para Pimpinan Kwartir Nasional, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka serta para Dewan Kerja Nasional.

Dalam sambutannya, Menteri LHK Prof.Dr.Siti Nurbaya, M.Sc menuturkan bahwa Pertikawan Nasional merupakan wadah dan wahana yang cukup ampuh dalam membentuk karakter.

Dapat meningkatkan pengetahuan, dan memperkuat komitmen anggota dalam mengembangkan solusi-solusi inovatif yang ramah lingkungan.

Dituturkan Menteri LHK saat menjadi Pembina Upacara Pembukaan Pertikawan Nasional ke II Tahun 2024 sebagaimana dilansir dari PPID KLHK.

 Bahwa Semua dapat menerapkan apa yang dipelajari selama kegiatan ini di kehidupan sehari-hari serta menjadi teladan bagi teman dan masyarakat di sekitar tempat tinggal dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Kwarnas, Pertikawan Nasional 2024, Fabio Yehezkiel Lasut bahwa Melalui Pertikawan Nasional ini merawat semangat kepedulian terhadap alam sesuai dengan tema " Menyukseskan FOLU Net Sink 2030 untuk Indonesia Hijau".

Ditambahkannya,  Hal ini sangat relevan dengan upaya global dalam mengatasi perubahan iklim. Terutama sebagai insan Gerakan Pramuka turut berperan penting dalam menjaga dan meleslarikan lingkungan hidup serta untuk mengingatkan kila akan tanggung jawab besar yang diemban.

 Khususnya sebagai anggota Saka Kalpalaru dan Saka Wanabakti dalam menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

FOLU Net Sink 2030 merupakan komitmen Indonesia untuk menyeimbangkan emisi karbon dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan. 

Setiap langkah kecil yang kita ambil dalam menjaga alam akan membawa dampak besar bagi Indonesia yang hijau dan lestari, 

Sehingga melalui perkemahan ini  kita bersama-sama belajar, beraksi, dan berkomitmen untuk menyukseskan visi tersebut. 

"Perkemahan bakti ini merupakan bukti nyata dari semangat kebersamaan, dedikasi dan kepedulian  terhadap kehutanan dan lingkungan hidup.

 Adapun peserta Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari 34 Kwartir Daerah seluruh Indonesia yang hadir berjumlah 1.510.

,Sebanyak 62 Pimpinan Kontingen  Daerah (Pinkonda) serta 68 Pembina Pendamping (Bindamping) dan 4 Tenaga Kesehatan (Nakes) dengan total jumlah keseluruhan sekitar 1.664 orang,"kuncinya.

Terpisah, Kepala P3E SUMA- KLHK , Dr. Mini Farida Farhum, S.T., M.Si menjelaskan bahwa dari laporan Pinkonda se-Sulawesi dan Maluku, Jumlah kontingen peserta Pertikawan Provinsi se-Sulawesi dan Maluku sebanyak 397 peserta. 

 Dari Provinsi Sulawesi Selatan 186 Peserta dengan rincian 100 putra dan 88 putri. Sulawesi Utara  dengan rincian 25  Peserta , terdiri 11 putra dan  14 putri.

Kemudian dari Provinsi Sulawesi Tengah dengan  rincian 51  peserta  terdiri dari 30 putra dan 21 putri. Sementara itu Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 21 peserta  terdiri dari 14 putra dan 7 putri. Selanjutnya dari Provinsi Sulawesi Barat  dengan 22 peserta terdiri hanya dari personil pramuka putra.

"Provinsi Gorontalo dengan peserta 19 , terdiri dari 11 putra dan 8 putri, Provinsi Maluku terdiri dari  60  peserta  terdiri 30 putra dan 30 putri. 

Serta Provinsi Maluku Utara dengan 13 peserta terdiri dari personil pramuka putra,"pungkas Dr. Mini Farida Farhum, S.T., M.Si yang juga selaku Korwil UPT Satker LHK SulSel.(*)

Posting Komentar untuk "Kepala P3E SUMA KLHK Hadiri Pertikawan Nasional 2024"