Jubir Andalan Hati Bocorkan Survei IPI di Pilgub Sulsel Unggul 63%

 
Foto: Juru Bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim. (Sahrul Alim)

Makassar Media Duta, - Tim pemenangan bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) membocorkan hasil Lembaga Survei Indeks Politica Indonesia (IPI) di Pilgub Sulsel 2024. 

Hasilnya, Andalan Hati unggul 63% dari bakal paslon Mohammad Ramadhan 'Danny' Pomanto-Azhar Arsyad (DIA).

"Andalan Hati berhasil memperoleh elektabilitas sebesar 63,4%, sedangkan DIA hanya berkutat di 22% saja. Adapun responden yang belum menjawab 14,5%," ujar Juru Bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim dalam keterangan tertulisnya kepada detikSulsel, Sabtu (7/9/2024).

Masih dalam keterangannya, survei IPI tersebut dilakukan pada 1-7 September 2024. 

Adapun pengumpulan data survei merupakan populasi seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Sulawesi Selatan yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel basis sebanyak 1.440 orang berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel yang terdistribusi secara proporsional.

Metode yang digunakan adalah metode simple random sampling, yang memiliki toleransi kesalahan (margin of error-MoE) sekitar ±3,8% pada tingkat kepercayaan 95,0%. 

Survei itu juga memotret kecenderungan perilaku pemilih dalam perspektif, gender, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, penghasilan, preferensi agama, afiliasi ormas serta preferensi suku dan lain-lain.

Sementara dalam top of mind, ASS paling banyak disebut responden dengan angka 38,8%. Sedangkan Danny sebanyak 10,1% disusul Fatmawati di angka 7,9%. Sedangkan responden yang tidak menjawab sebanyak 41,0%.

 Usung Jargon Sulsel Maju Berkarakter
Dari segi tingkat popularitas, ASS di angka 85% dan Fatmawati di angka 67%. Sementara popularitas Danny 60,1%, dan Azhar Arsyad 22,4%.

Sedangkan tingkat kesukaan atau akseptabiltas, ASS juga di angka 82% disusul Fatma 61,8%. Sedangkan tingkat akuntabilitas Danny di angka 55,3% dan Azhar 18,3%. (ata/sar)

Posting Komentar untuk "Jubir Andalan Hati Bocorkan Survei IPI di Pilgub Sulsel Unggul 63%"