Jenderal TNI Pangkat Tertinggi Bintang 4' Ulas JK

 


Makassar Media Duta,- Jenderal M Jusuf, tokoh militer yang 'Macca'Makna ini hadir dalam cerita Jusuf Kalla mengulas sosok Jenderal M Jusuf.

"Dialah seorang Jenderal atau milik TNI dengan pangkat tertinggi di seluruh Sulawesi karena bintang 4," kata Jusuf Kalla dalam Seminar Internasional '4 Ethos, 4 Jusuf' di Kampus Unhas pada Senin (2/9/2024).

Dalam bidangnya, Jenderal M Jusuf disebut memiliki pangkat tertinggi.Jenderal M Jusuf selalu berbicara tentang nilai, kejujuran, keberanian dan ilmu.

Hal inilah mencerminkan sosok Bugis-Makassar dalam diri Jenderal M Jusuf.Jusuf Kalla menceritakan hal unik dalam seragam Jenderal M Jusuf.

Di seragamnya hanya ada dua pin yang terpasang.Pin nama Jenderal M Jusuf serta pin berbentuk wing sisi di sebelahnya.

"Nama kanan, wing kiri. saya bilang kenapa pakai begitu. Dia bilang saya penerjun pertama di Indonesia tahun 51 jadi saya bangga dengan ini," kata Jusuf Kalla.

"Jenderal M Jusuf selalu ingin bangga dengan pendidikan," lanjutnya.Jusuf Kalla menyebut Jenderal M Jusuf bukti nyata To Macca.

Sebab, sangat peduli terhadap pendidikan disamping karir militernya."Inti to macca, dia betul," tegas Wakil Presiden ke 10 dan 12.

Jusuf Kalla membandingkan Jenderal M Jusuf dengan perwira lainnya di Sulsel.Perbedaannya ada pada niat menempuh pendidikan.

"Dulu perwira kita disini hebat-hebat tapi ketika disuruh sekolah, dia bilang kau saja. Tapi Jenderal Jusuf diberi pilihan jabatan atau sekolah, dia pilih sekolah," kata Jusuf Kalla.

Jenderal TNI (Purn) Andi Muhammad Jusuf Amir atau lebih populer dikenal dengan nama Jenderal Jusuf merupakan salah satu prajurit TNI yang amat dicintai rakyat.

Dia menjadi teladan bagi banyak orang.Jenderal Jusuf merupakan bangsawan Bugis Bone.

Putra dari Andi Tappu Amir Arung Kajuara dan Petta Binga yang keduanya adalah cicit dari Raja Kesultanan Bone ke-24 La Mappatunru To Appasessu (1812-1823). 

Namun, dia merasa tak nyaman menggunakan gelar "Andi" pada namanya walaupun dia amat berhak menyandang itu.

Pada 1957, dia melepas gelar kebangsawanannya itu dan tak pernah menggunakannya lagi.

Sepanjang hidupnya, Jenderal M Jusuf pernah menjabat sebagai Panglima ABRI merangkap Menteri Pertahanan dan Keamanan pada periode 1978–1983.

Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada periode 1964–1974 dan juga Ketua Badan Pemeriksa Keuangan periode 1983–19931.Jusuf lahir di Kajuara, Bone, Sulawesi Selatan pada 23 Juni 1928.

Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan awal Jusuf selain fakta ia adalah seorang Bugis bangsawan seperti yang disaksikan oleh nama tituler Andi pada namanya.

Dia menempuh pendidikan dasar di Makassar dan melanjutkan ke sekolah menengah di Surabaya.

Pada 1945, dia bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang kemudian menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dia mengikuti berbagai pendidikan militer seperti Sekolah Perwira Cadangan (1946), Sekolah Perwira Infanteri (1947), dan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (1955).

Jusuf memiliki karier militer cemerlang.Dia pernah bertugas di berbagai wilayah seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Di medan pertempuran, Jusuf pernah terjun dalam operasi-operasi militer seperti Operasi Seroja (penumpasan pemberontakan DI/TII), Operasi Trikora (pembebasan Irian Barat), dan Operasi Dwikora (konfrontasi dengan Malaysia).

Pada tahun 1964, Jusuf diangkat menjadi Menteri Perindustrian Ringan oleh Presiden Soekarno. Jabatan ini ia emban hingga tahun 1968.

Selanjutnya ia menjadi Menteri Perdagangan hingga tahun 1968 dan kemudian menjadi Menteri Perindustrian hingga tahun 19781.

Pada 1978, Jusuf dilantik menjadi Panglima ABRI sekaligus Menteri Pertahanan dan Keamanan oleh Presiden Soeharto.Jabatan ini ia emban hingga tahun 1983. (*)

Posting Komentar untuk "Jenderal TNI Pangkat Tertinggi Bintang 4' Ulas JK"