Anggota TNI Tewas Ditabrak Pemuda Mabuk

Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, saat diwawancarai di Mako Lantamal VII Kupang, NTT, Selasa (17/9/2024). (Foto: Yufengki )

Kupang Media Duta, - Komandan Korem (Danrem) 161/Wirasakti Kupang Brigjen Joao Xavier Barreto Nunes buka suara terkait tewasnya Prada Yenjelmus Valeri Vatman. 

Anggota TNI AD itu tewas setelah ditabrak tiga pemuda mabuk di Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (16/9/2024).

Nunes menginstruksikan agar tidak ada lagi prajurit yang berkeliaran saat tengah malam. Sebab, insiden yang merenggut nyawa Yenjelmus itu terjadi saat yang bersangkutan hendak kembali ke markas sekitar pukul 01.30 Wita.

"Anggota itu kembali ke markasnya juga sudah dini hari. Maka saya tegaskan kepada mereka semua agar tidak ada lagi prajurit yang berkeliaran di tengah malam," ujar Nunes di Mako Lantamal VII Kupang, NTT, Selasa (17/9/2024).

Nunes mengungkapkan Yenjelmus adalah anggota Yonif 744/SYB yang merupakan tanggung jawab Brigif 21/Komodo dan Kodam IX/Udayana. Ia memastikan situasi di wilayah tersebut saat ini sudah kondusif.

"Walaupun mereka bertugas di wilayah saya, tapi itu tanggung jawab Kodam IX/Udayana. Jadi saya monitor sampai saat ini semuanya berjalan lancar, aman, dan tidak ada masalah," kata Nunes.

Nunes menerangkan semua prajurit TNI mengikuti apel pengecekan malam setiap pukul 21.00 Wita. Setelah pengecekan pasukan, para tentara itu harus sudah tidur pada pukul 22.00 Wita.

Semua prajurit, dia berujar, harus disiplin dan taat sesuai sumpah prajurit yang telah terdoktrin dalam diri masing-masing.

Saya kira tidak ada lagi kejadian yang konyol demikian. Kemudian saat ini TNI juga masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kejadian tersebut," beber Nunes.

Jenazah Yenjelmus sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan di kampung halamanya di Kabupaten Manggarai. Ia meminta masyarakat di Atambua tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

"Sejak kejadian hingga saat ini, semuanya aman," pungkasnya.

Sebelumnya, Yenjelmus tewas ditabrak oleh tiga pemuda mabuk di Baukoek, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Fatubenao, Kota Atambua, Senin dini hari. Sehari sebelumnya, Yenselmus meminta izin untuk bermalam ke Kota Atambua.

Sekitar pukul 01.00 Wita, anggota yang bertugas di Yonif 744/SYB itu pulang ke markasnya. Dalam perjalanan, Yenselmus berhenti dan memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan raya untuk membuang air kecil.

Tak lama kemudian, tiga pemuda mabuk datang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi. Mereka langsung menabrak Yenselmus hingga tewas di lokasi kejadian. (iws/gsp)

Posting Komentar untuk "Anggota TNI Tewas Ditabrak Pemuda Mabuk"