Andalan Hati Unggul 80% di Tana Toraja


Makassar Media Duta,- Pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) nomor urut 2, unggul di Toraja dan Tana Toraja.

Hal itu diketahui dari rilis hasil survei Lembaga Script Survei (SSI) Indonesia yang diterima sejumlah media. Selasa (24/9).

Pasangan dengan tagline Andalan Hati itu unggul 75% dan Toraja diangka 80 persen.

Sedangkan pasangan Danny Pomanto dan Azhar Arsyad (DIA) hanya memperoleh 5% di Toraja Utara. Sedangkan di Tana Toraja pasangan DIA ini hanya mendapatkan 10 persen.

Survei SSI itu tidak menjelaskan tanggal survei, namun dari rilis tersebut hanya menyebutkan survei digelar di bulan September 2024.

Sebelumnya masyarakat di Tana Toraja menolak keras program wisata halal di daerah itu.

Penolakan Wisata Halal di Toraja

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan segera mewujudkan wisata halal di daerah itu khususnya di Toraja.

Dilansir dari kantor berita Antara pada Senin 23 Februari 2019 lalu Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di  Makassar, mengatakan wisata halal harus ada di Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja.

Menurut dia, Dikarena kedua daerah itu merupakan tujuan wisata yang banyak dikunjungi termasuk oleh wisatawan yang beragama Islam.

“Saya kira wisatawan yang berkunjung ke Toraja sebagian besar berasal dari umat muslim,” ucap Andi Sudirman.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Sharia Economic Forum dengan mengangkat tema “Pariwisata Halal di Sulsel Berpotensi Dikembangkan atau Sekadar Wacana”, yang berlangsung di Baruga Anging Mamiri Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Senin (23/2/2019) lalu.

“Makanya, Kabupaten Toraja ini perlu membangun kawasan wisata halal dan itu kita masukkan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” lanjut Wagub Sulsel itu.

Ia menuturkan, orang-orang yang berwisata di Toraja, otomatis mencari kuliner yang halal.

Karenanya, harus ada lokasi yang bisa memfasilitasi untuk wisatawan mendapatkan kuliner halal.

“Negara non muslim saja memiliki kawasan wisata halal seperti Selandia Baru, Jepang, Cina, Thailand, Hongkong. Mereka membuat wisata kuliner halal, kenapa kita tidak bisa lakukan itu,” imbuhnya.

Untuk itu, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) berharap pariwisata halal di Sulsel ini bisa terealisasi, dan bukan hanya sekedar wacana saja.

Wacana Wisata Halal itupun ditolak oleh elemen-elemen masyarakat di Tana Toraja. Ratusan warga dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Toraja Bersatu melakukan aksi demo menolak keras wacana wisata halal yang diterapkan di Tona Toraja dan Toraja Utara, Senin (11/3/2019) silam.

Aksi demo berlangsung dibeberapa titik mulai dari Kantor Bupati Tana Toraja, DPRD Tana Toraja dan juga berorasi sekitaran plaza kolam Makale, Tana Toraja.

Massa yang bergerak ke gedung DPRD Tana Toraja melakukan penolakan keras terkait pernyataan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman beberapa waktu lalu yang bakal menerapkan wisata halal di dua kabupaten yakni Tana Toraja dan Toraja Utara.

Ketua Forum Pemerhati Budaya Toraja, Sismay Eliata Tulungallo mengatakan, jika para anggota dewan menyetujui wisata halal di Toraja maka ia meminta kantor DPRD Tana Toraja segera ditutup.

“Jika DPRD Tana Toraja menyetujui wisata halal di Toraja maka saya meminta kepada seluruh adik-adik saya untuk membawa kayu satu mobil dan menutup kantor DPRD Tana Toraja,” ujar Sismay Eliata Tulungallo dalam orasinya. (*)

Posting Komentar untuk "Andalan Hati Unggul 80% di Tana Toraja"