Sederet Gebrakan Kapolda Andi Rian R Djajadi di Sulsel


Makassar Media Duta,- Kapolda Sulsel, Andi Rian R Djajadi, merayakan ulangtahunnya yang ke-56, hari ini, Minggu, 25 Agustus 2024. Menjabat sejak 7 Desember 2023, Andi Rian dikenal dengan sederet gebrakan dan kedekatannya dengan masyarakat.

Irjen Pol Andi Rian dikenal memiliki kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Ia membangun kelas jauh untuk siswa SD Inpres 5/81 Tapong, Kelurahan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone. 

Pembangunan kelas jauh ini didasari keprihatinan lulusan Akpol 1991 ini atas kondisi sejumlah murid SD di pedalaman yang harus berjalan kaki sejauh 7 kilometer hingga melewati hutan untuk sampai ke sekolah.

Kelas jauh SD Inpres 5/81 Tapong ini sebenarnya sudah dibangun Andi Rian sejak menjabat Kapolda di Kalimantan Selatan. Namun, rampung bersamaan dengan kepindahannya ke Sulsel.

Gebrakan Irjen Pol Andi Rian selanjutnya adalah merevitalisasi enam makam tokoh leluhur. 

Diantaranya, komplek makam La Tan-ri Tatta To' Urong To-ri Sompi Patta Malampรฉi Gammana Daรฉng Sรฉrang To' Appatunru Paduka Sri Sultan Sa'ad ud-din atau dikenal dengan nama Arung Palakka. Makam Raja Bone ke-15 ini, berlokasi di Jl Bonto Biraeng, Kecamatan Somba Opu.

Selain makam Arung Palakka, makam I Mangadacinna Daeng Sitaba Karaeng Pattingalloang Sultan Mahmud To Menanga Ri Bonto Biraeng, juga turut direvitalisasi.

 Karaeng Pattingalloang adalah Raja Tallo ke-8 dan Mangkubumi Kerajaan Gowa yang lahir Tahun 1600 dan wafat 5 September 1654.

Selanjutnya, Kapolda Sulsel Irjen Andi Rian membangun masjid di Kabupaten Bone yang dipersembahkan untuk leluhurnya. Pembangunan masjid itu atas amanah dari orang tuanya.

Lokasi pembangunan masjid itu berada di Lingkungan Jeppe'e, Kelurahan Jeppe'e, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Masjid itu diberi nama Masjid Al Jabbar.

Tak sampai disitu, Jenderal kelahiran tahun 1968 ini juga menginisiasi pembangunan 46 sumur bor di 23 kabupaten kota di Sulsel. 

Pembangunan sumur bor ini sebagai langkah antisipatif dalam menghadapi puncak kemarau tahun ini. Andi Rian berharap, masyarakat dapat merawat dan memanfaatkan sumur bor tersebut dengan baik.

Apalagi lokasi pembangunan sumur bor tersebut termasuk daerah langganan krisis air bersih saat musim kemarau.

Kapolda Andi Rian R Djajadi juga dikenal dengan ketegasannya dalam memberantas judi. Ia bahkan tak segan mencopot Kapolsek dan Kasat karena diduga lamban dan melakukan pembiaran terhadap judi di wilayah kerjanya.(*)

Posting Komentar untuk "Sederet Gebrakan Kapolda Andi Rian R Djajadi di Sulsel"