Bone Media Duta,-Andi Islamuddin menyerahkan kunci museum Arajange ke Penjabat (Pj) Bupati Bone yang baru, Andi Winarno Eka Putra.

Sebelumnya, kunci museum tempat dimana benda pusaka kerajaan Bone disimpan itu, dipegang oleh Andi Islamuddin saat menjabat sebagai Pj Bupati Bone.

Prosesi penyerahan kunci tersebut dilakukan di Museum Arajange, kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, jalan Petta Ponggawae, Kamis (15/8/2024) siang tadi.

Penyerahan kunci tersebut disaksikan oleh Dewan Adat Bone Andi Youshand Tenritappu dan Kapolres Bone AKBP Erwin Syah.

Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bone, Andi Promal Pawi serta Anggota DPRD Bone dari partai NasDem, Andi Muh Salam.

Andi Islamuddin mengatakan, penyerahan kunci Arajange merupakan tanda berakhirnya tanggung jawabnya dalam merawat pusaka peninggalan Kerajaan Bone.

Andi Islamuddin memastikan, seluruh benda pusaka yang ada sebelum dan sesudah Ia menjabat sebagai Pj Bupati masih ada dan utuh serta terawat dengan baik.

“Tak kurang sedikit pun. Apa yang ditinggalkan Kerajaan Bone masih ada sampai sekarang dan dirawat dengan baik,” tegas Andi Islamuddin.

Sementara itu, Andi Winarno selaku Pj Bupati Bone yang baru, menuturkan bahwa peninggalan pusaka Kerajaan Bone itu akan dirawat sebaik-baiknya.

Untuk diketahui, ada 11 benda pusaka peninggalan Kerajaan Bone yang diserahkan oleh Andi Fahsar termasuk Silsilah Raja Bone.

Diantaranya, selempang emas peninggalan raja Bone La tentitatta Arung Palakka, Mahkota Emas, Payung Emas, Keris Lamakkawa.

Selanjutnya, Kalewang La Tea Riduni, Kalewang Tatarappeng Ade Pitue, Payung Perak, Rambut Arung Palakka, Tombak Lasalaga, Lontara Perjanjian Tellu Poccoe.

Penyerahan kunci Museum Arajange bukan sekadar seremonial, melainkan juga sebuah tradisi yang memiliki makna mendalam bagi masyarakat Bone. (*)