Pemkab Takalar Bakal Sewa 30 Mobil Dinas Untuk Pimpinan OPD

Pemerintah Kabupaten Takalar Akan Sewa 30 Mobil Dinas Untuk Para Pimpinan OPD    

  Takalar Media Duta, - Pemerintah Kabupaten Takalar akan menyewa 30 kendaraan dinas baru untuk para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penyewaan itu rencananya akan bekerjasama dengan PT Kalla Logistik. Pertemuan untuk kerjasama ini pun telah dilakukan di Ruang Rapat Setda Takalar, Kamis, (22/8/2024) pagi.

Sekretaris Daerah Takalar, Muhammad Hasbi mengatakan penyewaan ini dilandasi atas banyaknya mobil dinas yang sudah tua dan bermasalah.

Unit kendaraan dinas yang ada di Takalar ini usianya sudah 12 tahun ke atas. Oleh sebab itu, terjadi pemborosan dalam hal pembiayaan pemeliharaan. Sudah banyak yang rusak dan tidak layak pakai," katanya.

"Sudah banyak juga keluhan dari kepala-kepala OPD terkait unit mobil dinas mereka yang menghambat dalam melakukan monitoring dan evaluasi," lanjutnya.

Penyewaan adalah skema baru pengadaan mobil dinas dari Pemerintah Kabupaten Takalar. Sebelumnya dengan pembelian unit baru.

"Metode ini baru bagi kita. Metode ini sudah dipakai pemerintah provinsi dan kabupaten-kabupaten lain. Dari informasi yang kita dapat, dengan metode ini terjadi efisiensi dan penghematan yang luar biasa," ucapnya.

Lanjut, Hasbi menjelaskan kelebihan skema sewa ini.

"Kelebihannya, diantaranya, pertama, pajak kendaraan tidak lagi dibuat oleh Pemda tapi dibayar oleh penyedia jasa rental.

Kedua, pemeliharaan seperti oli rutin juga disediakan. Terakhir, perbaikan berkala dan penggantian onderdil juga dapat dilakukan di mana dan kapan saja," jelasnya.

Tipe mobil yang rencananya disewa Pemkab Takalar adalah Toyota Rush. Harga sewa setiap unitnya adalah tujuh juta rupiah.

"Alasannya, tipe Rush lebih hemat penggunaan bahan bakar dan harga sewanya dibanding Kijang Innova, yang biasanya juga dipakai sebagai kendaraan dinas," jelasnya.(Makmur)

Posting Komentar untuk "Pemkab Takalar Bakal Sewa 30 Mobil Dinas Untuk Pimpinan OPD"