Kebiasaan Menunda Shalat dan Lupa Jumlah Rakaat


Jakarta Media Duta,- Secara umum ketika menjalankan ibadah shalat fardhu, tak jarang suka melihat seseorang melupakan jumlah rakaatnya. 

Bahkan ada juga, yang menunda waktu shalat dengan alasan 'sebentar lagi' atau 'nanggung bentar dulu' dan sebagainya.  

  Sehubungan dengan shalat, dalam agama islam diketahui ada syarat wajib yang harus dipenuhi yaitu wudhu. 

Sebab wudhu dipahami, sebagai dasar untuk mensucikan diri dari hadas kecil sebelum mendirikan shalat. 

Hal inipun disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya di Adi Hidayat Official, kalau ada malaikat dan setan berperan yang mendampingi manusia. Salah satunya, kata Ustaz Adi Hidayat disaat hendak menunaikan ibadah shalat

 Setan akan menggoda atau memprovokasi untuk batal. "Jadi ada setan khusus yang menggoda orang shalat namanya khanzab," ujar Ustaz Adi Hidayat dikutip, Jumat (8/8/2024). 

"Dalam Quran malaikat dan setan disebutkan 88 kali, Malaikat 88 dan 88 kali juga untuk setan. 

Setan memprovokasi nafsu dan malaikat men-support takwa," jelasnya. Dengan begitu, sebagai umat muslim harus sadar dalam mendirikan ibadah akan selalu digoda setan. 

Hal ini juga berlaku pada saat suara adzan sudah berhenti. Godaan setan akan kembali datang menggoda, dan  provakasi manusia kembali untuk tinggalkan kebaikan yaitu ibadah. 

Namun, saat suara adzan berkumandang rasa atau panggilan itu ada. Ada baiknya menyegerakan ibadah. Sebab saar adzan berkumandang, siapapun akan ada rasa ingin shalat.

 Artinya ada malaikat support (mendukung) anda untuk takwa. Kebalikannya, setelah adzan selesai, maka muncul kalimat tunggu sebentar atau semacamnya. "Kalau kita melaksanakan kebaikan disupport oleh malaikat.

 Lalu masuk setan untuk memprovokasi meninggalkan kebaikan itu," terang Ustaz Adi Hidayat.   "Haditsnya kalau adzan berkumandang setannya langsung kebirit-kebirit. 

Jadi malaikat akan mengingatkan anda untuk shalat, tapi kalau selesai (adzan) datang kembali," ungkapnya. "Waktu adzan setan pergi tapi waktu adzan selesai balik lagi.

 Makanya ada yang bilang tenang belum komat, nah itu godaannya," ucap Ustaz lagi menjelaskan. 

Hal ini, sebagaimana dalam hadits dari Abu Hurairah RA dalam Kitab Adzan dan Shalat oleh Imam Bukhari dan Muslim.

 Artinya: "Apabila dikumandangkan azan untuk salat, maka larilah setan dengan mengeluarkan kentut agar ia tidak mendengar adan itu. 

Dan apabila azan telah selesai dikumandangkan, maka setan datang lagi. Apabila dikumandangkan iqamat, maka setan lari sampai iqamat itu selesai.

 Apabila iqamat telah selesai, maka setan datang lagi untuk membisiki hatinya. Ia berkata, Ingatlah ini, dan ingatlah itu.

 Padahal ia tidak ingat akan hal itu sebelumnya, hingga seseorang tidak tahu berapa rakaat yang telah dikerjakannya dalam salat." (Muttafaq 'alaih). 

(Klw) Atas pesan yang disampaikan Ustaz Adi HIdayat, sebaiknya anda selalu menyegerakan shalat. Sebelum rasa malas itu datang, karena setan tak pernah berhenti menggoda. Waallahualam

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Menunda Shalat dan Lupa Jumlah Rakaat"