Mantan Maling Bagikan Cara Selamat dari Target Penjahat

Ilustrasi maling. Foto: Ilustrasi maling (dok. detik)

Jakarta Media Duta - Mantan maling mengungkap bagaimana cara dia memilih rumah yang dia target sehingga orang-orang bisa lebih waspada. Dia membagikannya di TikTok melalui akun @jenjen.gomez.

Jen Jen Gomez telah menghabiskan waktu selama 10 tahun mendekam di penjara karena kejahatan yang dia lakukan. Namun, kini dia telah bertobat dan memilih jalan yang lebih baik dengan menjadi content creator.

Dalam video terbarunya, Gomez menceritakan hal apa saja yang harus diperhatikan agar terhindari dari maling di rumah. 

Menurut Gomez, cuaca yang sering dipilih untuk maling adalah ketika gerimis kecil turun dan berkabut. Dia berpendapat bahwa orang di dalam rumah tidak akan mengecek keluar saat terdengar suara bising di luar karena malas basah-basahan.

Gomez mengaku biasa bangun pukul 05.00 atau 05.30 untuk siap-siap karena biasanya orang pergi bekerja dari 07.00-16.00. Sebagian besar ke luar rumah pada 08.00, sehingga jam sekitar itu hingga 11.00 adalah 'prime time' buat Gomez.

Hal selanjutnya adalah memilih rumah yang memiliki jendela yang cukup mudah dijangkau. 

Kemudian, mungkin ini akan membuat bingung, Gomez mengaku menarget rumah yang memakai sistem keamanan karena itu berarti ada harta berharga di dalam sana. 

Lalu, dia juga makin yakin untuk mencuri ketika melihat ada hewan peliharaan yang bebas berkeliaran di dalam rumah.

"Aku tahu bahwa jika ada binatang di dalam, kemungkinan besar binatang itu berkeliaran bebas. Sekarang alasan mengapa penting untuk ada binatang berkeliaran adalah karena aku tahu bahwa sensor gerak untuk sistem alarm kemungkinan besar mati," akunya.

Video yang dibagikan Jen Jen Gomez telah mendapatkan lebih dari tiga juta views. Video itu memiliki durasi 9 menit 53 detik dan telah dikomentari sebanyak 2.200 kali.

 Berdasarkan penjelasan Gomez, pemasangan ring camera akan sangat membantu untuk mencegah maling. Tanda 'awas ada anjing' juga masih bisa dipakai.

"Rumahku dirampok pada suatu hari gerimis sekitar pukul 3 sore. Aku tidak punya barang berharga apa pun, tetapi mereka mencuri krim wajah dan ponsel milikku, lalu meninggalkan casingnya kata Lizzie.

"Menarik! Aku rasa ring camera akan membuat hal ini jadi tidak mungkin (dilakukan -- red)," komentar @RachelPp1601.

"100%, aku sebetulnya sudah bahas ini di video selanjutnya! Ini sudah 10 tahun lalu dan ring camera bisa menghentikan ini semua lebih awal!" jawab Gomez.

"Dan kebanyakan orang berpikir sebaliknya, oh saya punya sistem keamanan, anjing, pagar, dll. Kayak mereka pikir itu bagus," tutur netter yang kemudian dibalas oleh Gomez.

"Itulah alasan mengapa aku ingin menyampaikannya!! ALASAN YANG TEPAT!!" ujarnya.

"Langkah-langkah untuk pemula," sindir salah satu warganet.

"Tidak bisa lagi pakai cara ini sekarang.. kamera video doorbell seperti ring dan pekerjaan remot menghentikan ini," ungkap Gomez.

"Jadi menurut kamu, apakah lebih baik bagi pemilik rumah untuk memasang tanda 'awas ada anjing' atau tidak? Karena sekarang aku tidak yakin  tanya netizen.

"(Pasang tanda) awas ada anjing. Maka mereka akan tahu atau setidaknya berpikir bahwa anjing itu jahat dan banyak orang takut terhadap anjing!" saran Gomez. (ask/ask)

Posting Komentar untuk "Mantan Maling Bagikan Cara Selamat dari Target Penjahat"