Kaesang Diminta Jelaskan Sumber Duit Sewa Jet Gulfstream ke AS


Jakarta Media Duta,- Terkuaknya perjalanan Kaesang Pangarep dengan istrinya, Erina Gudono ke Amerika Serikat (AS) menggunakan private jet Gulfstream G650, berbuntut Panjang.

Pakar Kebijakan Publik UPN Veteran-Jakarta, Achmad Nur Hidayat (ANH) mendesak putra bungsu Presiden Jokowi menjelaskan kepada ublik, dari mana dia mendapatkan uang untuk membayar sewa Gulfstream G650 yang super mahal itu.

Perilaku hedon yang ditujukkan Kaesang dan istri, menurut ANH, tidak bisa hanya dilihat dari perspektif gaya hidup pribadi semata.

Karena telah menimbulkan kegaduhan di ranah pblik. Banyak pertanyaan serius yang uncul, terkait etika pemimpin, tanggung jawab sosial, dan integritas politik.

Di tengah kondisi ekonomi yang menantang bagi banyak rakyat Indonesia, keputusan untuk menggunakan jet pribadi mewah dianggap sebagai tindakan yang tidak sensitif dan bahkan menyinggung perasaan publik,” kata dia, Sabtu,(24/8/2024).

ANH memandang, sebagai putra presiden dan ketua partai politik, tindakan Kaesang seharusnya mempertimbangkan dampaknya terhadap persepsi pulik.

Utamanya, dalam konteks kepemimpinan yang diharapkan menunjukkan empati dan solidaritas dengan kondisi rakyat yang sedang berjuang.

“Terlebih berdasarkan informasi yang beredar, harga sewa jet pribadi Gulfstream G650 berkisar antara 13.000 dolar AS hingga 19.750 dolar AS per jam. 

Kalau dikonversi dalam rupiah dengan kurs Rp15.636 per dolar AS, setara Rp202 juta hingga Rp308,8 juta per jam. Besar sekali,” tegas dia.

Ia mengungkapkan, jika perjalanan tersebut memakan waktu 24 jam, maka total biaya sewa jet pribadi Gulfstream G650 mencapai 360.000 dolar AS, sekitar Rp4 miliar.

Estimasi ini, kata dia, menjadi dasar spekulasi dan diskusi di kalangan netizen, yang mengkritisi sumber dana yang digunakan untuk membiayai perjalanan mewah tersebut.

“Kaesang dan keluarga perlu menjelaskan kepada publik berapa biaya dan darimana sumber dananya, bahkan penegak hukum dan KPK perlu menelisik lebih jauh manakala ada indikasi konflik kepentingan dan korupsi,” tandasnya.(*)

Posting Komentar untuk "Kaesang Diminta Jelaskan Sumber Duit Sewa Jet Gulfstream ke AS"