Joko Widodo Dijadwalkan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stadion Sudiang Makassar

Stadion Sudiang Makassar

Joko Widodo Dijadwalkan Letakan Batu Pertama Pembangunan Stadion Sudiang Makassar.

Makassar Media Duta,- Kabar gembira datang dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Proyek Stadion Sudiang kabarnya akan segera masuk tahap Peletakan Batu Pertama.

Kabar ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh usai bertemu Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Soal stadion sudiang untuk peletakan batu pertama, mudah-mudahan mohon doanya, kalau baliau nanti peresmian di RS Vertikal, mudah-mudahan bisa meninjau stadion atau kalau bisa melakukan peletakan batu pertama, ini harapan kita semua," kata Pj Gubernur Zudan di Kantor Gubernur Sulsel pada Rabu (14/8/2024).

Presiden Jokowi sendiri dijadwalkan datang pada September mendatang.Lantas bagaimana kesiapan Dispora Sulsel?

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Suherman angkat suara terkait perkembangan Stadion Sudiang.

"Tentunya saat ini proses administrasi semua, mulai Amdal, amdalalin, ini semua kita kebut, kami dispora Sulsel terus melakukan komunikasi, hari ini juga kita lakukan komunikasi dengan balai PUPR," jelas Suherman di Kantor Gubernur Sulsel.

Suherman menyebut pengukuran titik lokasi sudah dilakukan.

Termasuk dengan pihak otoritas bandara untuk menjamin kepatuhan aturan Kawasan Keselamatan Operasi Bandara (KKOP).

"Bahkan Alhamdulillah masalah penerbangan itu kami sudah melakukan pengukuran tentang titik lokasi yang sebenarnya akan dibangun stadion," katanya.

Suherman optimis kedatangan Jokowi nantinya membawa langkah baru soal Stadion Sudiang.

"Kita semua berharap dengan kedatangan presiden administrasi semua lengkap, kalau administrasi kita lengkap pasti saya akan menyampaikan," jelasnya.

Terkait anggaran, Suherman mengaku seluruhnya ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Peran Pemprov hanya pada kesiapan anggaran administrasi.

"Untuk stadion Sudiang pendanaanya berada di APBN, kami hanya menyiapkan sesuai dengan arahan pusat yaitu Amdal dan Amdalalin, semua sudah dianggarkan," jelasnya.

Tim Kementerian Survei Topografi 

Tim Kementerian PUPR telah datang di Sulawesi Selatan meninjau lahan Stadion Sudiang, pada pekan lalu. 
Tim PUPR melakukan survei topografi .

Survey Topografi adalah proses pengumpulan data yang memberikan informasi rinci mengenai permukaan bumi dan ciri-ciri alamnya, termasuk ketinggian, bentang alam, dan objek penting lainnya. 

Kadispora Sulsel, Suherman menyatakan, tim pemerintah pusat telah mengukur luas dan tinggi pembangunan Stadion Sudiang pada 17 Juli lalu.

“Kalau untuk stadion Sudiang Alhamdulillah Jumat kemarin tim dari PUPR pusat sudah datang ke Sulsel dan adakan rapat pertemuan, tanggal 17 kemarin saya juga sudah ke PUPR bagaimana kelanjutan DED,” kata Suherman belum lama ini. 

Detail Engineering Design atau DED untuk Stadion Sudiang kata dia sudah berproses di pusat. Begitu pun dengan Analisis dampak lingkungan (Amdal) sudah ada dananya di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebesar Rp1 Miliar.

Sedangkan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) telah diminta di Pemkot Makassar. 

“Pak wali juga sudah komunikasi dengan kita, insyaallah dalam waktu yang tidak terlalu lama semuanya bisa diselesaikan. Yang jelas untuk pembangunan stadion Sudiang Pemprov gaspol, kita lakukan langkah percepatan dan koordinasi di pusat,” jelasnya. 

“Amdal 1 M sudah dianggarkan di DLH, DED belum tahu karena semua dilakukan pusat, FS (Feasibility Studies) juga di pusat karena pada waktu awal pertemuan kita hanya Amdal dan Andalalin, semua persyaratan ada di pusat,” lanjutnya.

Dispora lata dia, petunjuk pimpinan gubernur untuk bisa melakukan percepatan agar stadion ini bisa terwujud, karena dana fisiknya semuanya dari PUPR pusat.

Pada intinya kata dia, pihaknya terus berkoordinasi dengan otoritas bandara. Pengukuran lahan telah dilakukan bersama otoritas bandara agar tidak mengganggu sistem penerbangan. 

“Kita sudah mengukur, tinggal sampaikan ke pusat, titik-titik yang dimaksud. Supaya jangan sampai ketika dibangun terjadi masalah ketinggian dengan otoritas bandara, semua kita clear kan dulu agar tidak terjadi gangguan penerbangan dengan otoritas bandara harus ada suratnya keluar dengan titik titiknya.

Selanjutnya ke balai PUPR untuk melampirkan ke Jakarta, di pusat nanti akan datang untuk melihat luas area yang akan dibangun dan seterusnya itu tergantung dari pusat,” ungkap Herman-sapaan.

Terkait ketinggian stadion kata dia, harus mempertimbangkan aturan dari otoritas bandara, agar tidak mengganggu penerbangan. 

”Jadi kita punya tanah 74 hektare yang kosong itu 42 hektare, jadi kita bisa melihat di mana letak posisi yang baik dengan tidak melepas dari site plan yang ada,” katanya.(*/Muh Hasim Arfah)

Posting Komentar untuk "Joko Widodo Dijadwalkan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stadion Sudiang Makassar"