Gerindra Penentu Jumlah Kontestan di Pilkada Tana Toraja

Tator Media Duta,- Sejumlah partai politik (parpol) pemilik kursi di DPRD Tana Toraja telah mengeluarkan rekomendasi dan surat B1KWK kepada pasangan calon di Pilkada Tana Toraja.

Partai Golkar sebagai pemenang Pemilu 2024 di Tana Toraja dengan 7 kursi berkoalisi dengan Partai Demokrat yang mendapat 4 kursi mengusung Victor Datuan Batara (VDB)-John Diplomasi.

Sementara pasangan Zadrag Tombeg-Erianto Laso' Paundanan mendapat telah menggenggam usungan dari Partai Nasdem (6 kursi), PDI Perjuangan (4 kursi), Perindo (1 kursi), dan Gelora (1 kursi).

Tersisa dua partai politik yang belum mengeluarkan surat B1KWK untuk Pilkada Tana Toraja. Keduanya adalah Partai Gerindra dan Partai Hanura.

Sebelumnya, Partai Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Zadrak Tombeg yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Tana Toraja.

Sementara Partai Hanura memberikan rekomendasi kepada Henry Arie Pongrekun.Namun, politik masih dinamis dan bisa berubah kapan saja.

Seperti halnya Partai Nasdem, yang awalnya memberikan rekomendasi kepada kadernya Nicodemus Biringkanae yang berpasangan dengan Dharma Lele Padang, namun kini memberikan B1KWK kepada Zadrak-Erianto.

Jelang pendaftaran pasangan calon Pilkada ke KPU, sudah ada pasangan yang dipastikan akan bertarung yaitu Victor Datuan Batara-John Diplomasi dan Zadrak Tombeg-Erianto Laso' Paundanan.

Bertambahnya kandidat atau tidak, bola panas ada di Partai Gerindra.

Ya, partai besutan Prabowo Subianto ini belum juga memberikan berkas B1KWK kepada pasangan yang akan diusungnya.

Apakah akan memberikan kepasa nama baru atau tetap mendukung Zadrak yang merupakan kadernya di Pilkada Tana Toraja?

Jika memberikan kepada pasangan baru, maka kontestan Pilkada Tana Toraja bertambah jadi 3 pasangan calon.

Pasalnya, dengan modal 6 kursi hasil Pemilu 2024, Gerindra sudah bisa mengusung pasangan calon.

Namun, jika akan memberikan kepada Zadrak ataupun kepada VDB, maka Pilkada Tana Toraja hanya akan diikuti 2 pasang kandidat.

Sementara Hanura, dengan 1 kursi, tidak bisa berbuat apapun jika akan mengusung nama sendiri. Hanura harus berkoali dengan partai lainnya.

Kini, masyarakat Tana Toraja tengah menanti kepada siapa B1-KWK DPP Gerindra akan diberikan.(*)

Posting Komentar untuk "Gerindra Penentu Jumlah Kontestan di Pilkada Tana Toraja"