Airlangga Hartarto Dilaporkan ke Bareskrim Polri Buntut 26.415 Kontainer Dilepas

  

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dilaporkan ke Bareskrim Polri. (Ist)
Jakarta Media Duta - Kordinator Ampera, Ali Hasan, melaporkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ke Bareskrim Polri, Jumat (9/8/2024).

Laporan ini dampak dari dilepaskannya 26.415 kontainer yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak Surabaya oleh Airlangga selaku Menko Perekonomian bersama Menkeu Sri Mulyani dan Wamendag Jerry Sambuaga pada 18 Mei 2024.

Saat ditemui media, aktifis muda ini tegas menyampaikan dugaan kuat ada kejanggalan kebijakan pelepasan 26.415 kontainer tersebut.

"Kita laporkan Airlangga ke Bareskrim Polri diduga ada permainan kotor para importir dan Menko Perekonomian sehingga barang-barang impor tersebut bisa dibebaskan masuk," kata Hasan di Bareskrim Polri, Jumat (9/8).

Menurut Hasan, ada yang janggal saat pelepasan ratusan kontainer tersebut tepatnya pada 16 Mei 2024. Di mana Dirjen Bea Cukai menyampaikan ke Menperin Agus Gumiwang bahwa kontainer yang tertahan jumlahnya hanya 4.000 kontainer.

"Yang anehnya lagi, pada  2 hari sebelum pelepasan, tepatnya pada 16 Mei 2024, Dirjen Bea Cukai melepas 4.000 kontainer tapi pada saat pelepasan kok jadi berlipat ganda yang dilepas," ujar Hasan.

"Makanya kami menduga kuat ada yang memanfaatkan kebijakan agar Kontainernya juga bisa keluar," tegasnya.

Di tambah lagi, kata dia, pada 7 Agustus 2024 kemarin, pihak Kemenperin juga mengeluhkan bahwa sebagian besar isi bahan bahan yang di impor data- datanya dari Bea Cukai, belum disampaikan.

Hal inilah yang menjadi kecurigaan, adanya dugaan kejanggalan kebijakan pelepasan 26.415 kontainer tersebut.

"Inikan berbahaya, kalau isi kontainer hanya baja, elektronik atau sandang paling hanya berpengaruh terhadap industri dalam negeri, tapi gimana kalau isinya senjata, bahan kimia berbahaya atau kan bisa juga narkoba," terang Hasan.

"Makanya kami minta ke Bareskrim Polri, usut kasus ini, dan jangan pandang bulu," pungkas Hasan.***

Posting Komentar untuk "Airlangga Hartarto Dilaporkan ke Bareskrim Polri Buntut 26.415 Kontainer Dilepas"