Viral di X UMI Makassar terafiliasi Organisasi Zionis Israel


Makassar Media Duta,- Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menjadi perbincangan di sosial media X dan viral.

Hal ini terjadi setelah Ustadz Fahmi Salim (UFS) menyebut UMI terafiliasi agen zionis israel dari organisasi American Jewish Committee (AJC).

Dalam unggahannya, UFS menyebut beberapa lembaga yang bekerjasama dengan AJC salah satunya UMI Makassar.

Terkait hal itu, Sekretaris Umum (Sekum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, prof Muammar Bakry mengatakan kerjasama adalah hak semua lembaga.

Lembaga boleh bekerja sama dalam konteks tertentu.UMI adalah lembaga pendidikan yang bercirikan dakwah dan menghargai toleransi antar umat beragama.

“Kerjasama itu adalah hak semua lembaga. Kemudian kalaupun ada kerjasama antara agama yah itukan ada artinya di agama itu ada nilai-nilai yang diyakini oleh semua penganut,” katanya kepada tribun timur, Selasa (23/7/2024).

“Jadi kalau ada kajian-kajian agama dan kajian agama itu dari narasumber yang kompeten yah itu bagian kerjasama untuk memahami antara agama-agama gitu,” jelasnya.

Menurutnya kerjasama dalam konteks tertentu adalah hak setiap lembaga.

Apalagi lembaga pendidikan yang salah satu tujuannya mencerdaskan masyarakat.

Pembicaraan tentang israel memang sedang hangat-hangatnya.

Namun konteks perdamaian tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan tersebut.

Untuk menuntaskan peperangan Palestina dan Israel memang butuh diplomasi yang dibantu oleh semua negara dan lembaga.

Terkait dengan afiliasi israel di UMI, harus dilihat secara cermat dan hati-hati.Sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat Sulsel khususnya.

“Diihat artinya kalau misalnya kerjasama sudah lama lalu mungkin baru diungkit sekarang, urusan orang yah, kita harus lihat objek kerjasamanya apa,” terang Rektor UIM itu.

“Yah kalau kerjasama dengan israel saya kira perlu kebijakan politik kenegaraan jadi itu urusan internal lembaga dan negara,” tambahnya.

Kemudian untuk tindak lanjut perihal UMI terafiliasi dengan israel ini masih butuh kajian lebih lanjut.

“Kami belum bisa jawab kalau soal itu, itu urusan lembaga,” pungkasnya.

Universitas Muslim Indonesia (UMI) konsisten berdiri bersama Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan. 

Aneksasi dan okupasi yang terus dilakukan oleh Israel di Tepi Barat dan Gaza adalah sebuah tindakan pelanggaran perikemanusiaan.

Demikian disampaikan Wakil Rektor IV UMI KH M Ishaq Shamad dalam keterangan tertulisnya ke Tribun-Timur.com, Selasa (23/7/2024).

Ishaq menegaskan bahwa UMI membantah perihal kerjasama UMI dengan Leimena Institute yang dituduh ingin membentuk opini positif terhadap Israel. 

UMI, kata dia, bermitra dengan Leimena Institute hanya sebatas membangun pemahaman lintas budaya.

“Sebagai perguruan tinggi yang bercirikan lembaga Pendidikan dan dakwah, UMI tentunya memegang semangat Islam Wasathiyah yang mengandung makna memegang teguh akidah dan senantiasa menghargai perbedaan atau toleransi dalam konteks membangun Bangsa Indonesia,” jelasnya.(M Yaumil)

Posting Komentar untuk "Viral di X UMI Makassar terafiliasi Organisasi Zionis Israel"