PKS Tutup Peluang Usung Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi di Pilgub Sulsel


Makassar Media Duta,- DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tutup peluang usung Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub Sulsel.

Pasalnya, bakal calon Gubernur Sulsel itu belum mengembalikan formulir pendaftaran ke PKS Sulsel.Hanya ada empat kandidat yang mengembalikan formulir di PKS Sulsel.

Mereka adalah Annar Salahuddin Sampetoding, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), Moh Ramdhan Pomanto dan juga Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki (Panglimata).

Keempat kandidat tersebut saat ini tengah mengikuti uji kelayakan oleh DPW PKS Sulsel.

Ketua DPW PKS Sulsel Amri Arsyid mengatakan, PKS tak akan mengusung figur lain diluar dari figur yang mengikuti seleksi di PKS.

Jika tak ada usulan dari DPW PKS, kata Amri, maka DPP PKS tak akan mengusulkan nama tersebut.

"Keputusan tidak di kami dan kami tidak bisa memberikan garansi dan DPP tidak mungkin mengusulkan dan memutuskan nama yang tidak kami usulkan," katanya saat ditemui di Swiss-Belinn Panakkukang, Jl Boulevard, Kecamatan Panakkunag, Makassar,, Senin (22/7/2024).

Adapun kata Amri, Andi Sudirman Sulaiman telah mengambil formulir di PKS namun belum mengembalikan formulir tersebut.

"Kalau semua kandidat mengikuti prosedur kamu tidak akan memfilter apapun dan kami pasti akan mengusulkan yang terbaik," ujarnya.

Olehnya, lanjut Amri, Andi Sudirman harus mengikuti tahapan yang telah disediakan oleh PKS itu sendiri.

"Sebagaimana kandidat lain ya harus seperti itu," jelasnya.

Annar Salahuddin Sampetoding (kiri), Ilham Arief Sirajuddin, Danny Pomanto, dan Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki (Panglimata). Keempatnya berebut rekomendasi PKS maju Pilgub Sulsel 2024.
Annar Salahuddin Sampetoding (kiri), Ilham Arief Sirajuddin, Danny Pomanto, dan Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki (Panglimata). Keempatnya berebut rekomendasi PKS maju Pilgub Sulsel 2024.
Tak Daftar, Hanura Tetap Lirik Andi Sudirman

Beda PKS, Partai Hanura tetap melirik nama petahana Andi Sudirman Sulaiman untuk diusung sebagai calon Gubernur Sulsel di pilkada serentak 2024.

Sejatinya Andi Sudirman Sulaiman tidak mendaftar penjaringan calon kepala daerah di partai besutan Oesman Sapta Odang (OSO) itu.

Figur yang mendaftar justru Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Ketua DPD Hanura Sulsel Amsal Sampetondok tetap mempertimbangkan nama Sudirman untuk diusung.

"Sangat besar peluang Sudirman diusung. Hanura mau menang. Bisa juga ke IAS, Danny, jadi siapa saja. Walau tidak dapat surat tugas atau tidak mendaftar, indikatornya menentukan dukungan itu hasil survei, karena Hanura harus menang dan calonnya berkomitmen," kata Amsal Sampetondok kepada wartawan Minggu (21/7/2024).

Hanura punya modal satu kursi bertarung Pilgub Sulsel.Adapun ambang pasangan pengusungan pasangan calon minimal 17 kursi DPRD Sulsel dari total 85 kursi.

Amsal menegaskan, adapun kriteria partainya mengusung kandidat yakni bisa berkomitmen membesarkan Hanura apabila terpilih.

Selanjutnya hasil survei tinggi, SDM kandidat betul-betul mengayomi masyarakat, dan harus menang."Penyerahan rekomendasi (B1-KWK) dijadwalkan akhir bulan ini atau awal Agustus 2024," kuncinya.

Sejauh ini Hanura telah menerbitkan 2 surat tugas bakal calon Gubernur Sulsel.Kedua figur yang diberi surat tugas yakni Danny Pomanto dan Ilham Arief Sirajuddin.

Hanura memutuskan memperpanjang kembali masa berlaku surat tugas tersebut."Waktunya sudah habis, kita perpanjang, tunggu," kata Amsal.

Hanya saja, Amsal bilang partainya tidak menutup kemungkinan untuk memberi ruang bagi kandidat yang belum mendaftar dan menerima surat tugas.

Pihaknya punya kewenangan untuk merekomendasikan ke DPP.

"Iya, hanya yang mendaftar (diusung). Tapi tidak menutup kemungkinan, bagi yang tidak mendaftar, partai bisa merekomendasikan. Kita mau menang dan komitmen terhadap partai," ujarnya.

Tahapan Pilkada 2024

Persiapan

-Perencanaan Program dan Anggaran: Jumat, 26 Januari 2024

-Penyusunan Peraturan Penyelenggaraan Pemilihan: Senin, 18 November 2024

-Perencanaan Penyelenggaraan yang Meliputi Penetapan Tata Cara dan Jadwal Tahapan Pelaksanaan Pemilihan: Senin, 18 November 2024

-Pembentukan PPK, PPS, dan KPPS: Rabu, 17 April 2024-Selasa, 5 November 2024

-Pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan, Panitia Pengawas Lapangan, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara: Sesuai Jadwal Yang Ditetapkan Oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum

-Pemberitahuan dan Pendaftaran Pemantau Pemilihan: Selasa, 27 Februari 2024- Sabtu, 16 November 2024

-Penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih: Rabu, 24 April 2024-Jumat, 31 Mei 2024

-Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih: Jumat, 31 Mei 2024-Senin, 23 September 2024

Penyelenggaraan-

Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan: Minggu, 5 Mei 2024- Senin, 19 Agustus 2024

-Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon: Sabtu, 24 Agustus 2024- Senin, 26 Agustus 2024

-Pendaftaran Pasangan Calon: Selasa, 27 Agustus 2024-Kamis, 29 Agustus 2024-Penelitian Persyaratan Calon: Selasa, 27 Agustus 2024-Sabtu, 21 September 2024

-Penetapan Pasangan Calon: Minggu, 22 September 2024-Minggu, 22 September 2024

-Pelaksanaan Kampanye: Rabu, 25 September 2024-Sabtu, 23 November 2024-Pelaksanaan Pemungutan Suara: Rabu, 27 November 2024.

-Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara: 27 November 2024-16 Desember 2024.(*)

Posting Komentar untuk "PKS Tutup Peluang Usung Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi di Pilgub Sulsel"