Nilai Proyek Ratusan Triliun Mangkrak Warisan Era Jokowi

Illustrasi proyek.Foto: Ari Saputra

Jakarta Media Duta,- Kementerian Investasi/BKPM buka-bukaan investasi yang masih tersisa di pengujung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 Menurut Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung, ada tersisa 20% investasi mangkrak yang totalnya Rp 708 triliun ataiu sekitar Rp 141,6 triliun
"Kan ada yang bisa diselesaikan sekitar 80% dari Rp 700-an triliun itu," ujar Yuliot saat ditemui di kantornya di Jakarta, Senin (29/7/2024).

Menurut Yuliot, faktor investasi mangkrak disebabkan permasalahan internal perusahaan hingga kondisi bisnisnya. Menurutnya, fokus pemerintahan ke depan adalah memfasilitasi para investor yang mau menanamkan modal di Indonesia.

"Jadi yang 20% kan ada juga permasalahan internal perusahaan, ada juga kondisi bisnis yang tidak memungkinkan," imbuhnya.

 Semester I Capai Rp 829 T
Persoalan investasi mangkrak beberapa kali disinggung oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. 

Bahlil curhat ditinggalkan warisan investasi mangkrak oleh pimpinan sebelumnya sebesar Rp 708 triliun, namun berhasil mengeksekusi Rp 558 triliun dalam waktu 3 tahun.

"Saya masuk BKPM Oktober 2019, saya diwariskan pemimpin terdahulu investasi mangkrak Rp 708 triliun. Rp 708 triliun saya diwariskan investasi mangkrak, dan alhamdulillah tidak lebih 3 tahun investasi mangkrak dieksekusi Rp 558 triliun atau 78,9%," sebut Bahlil beberapa waktu lalu.

Sementara sisanya gagal dieksekusi karena pandemi COVID-19, dan sejumlah perusahaan memilih mundur. Misalnya Lotte Chemical di Cilegon yang sempat mangkrak, namun kini sudah mencapai 80%.

"Pertama Lotte Chemical, ini investasi di Cilegon sekarang 80%. Ini mangkrak 4-5 tahun. Pemimpin terdahulu nggak bisa menyelesaikan ini. Kaan memang ilmu lapangan tidak ada ilmunya di Harvard. Apalagi menyelesaikan masalah pemain-pemain lapangan kan," tuturnya. (ily/hns)


Posting Komentar untuk "Nilai Proyek Ratusan Triliun Mangkrak Warisan Era Jokowi"