Barangkali masyarakat tidak mengetahui apa manfaat berendam mandi di air laut yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mereka mungkin  hanya tahu sebagai berekreasi bersama keluarga di hari libur.

Cuaca di pagi minggu yang cerah dan ombak laut yang tidak begirtu bersahabat yang membuat Komunitas  grup berendam Tanjung Bayang termotivasi dan terlihat sangat bersukaria.

Bagi kaum muda ada yang berenang di laut dan  bagi kaum tua atau warga tidak bisa berenang, terlihat mandi dan berendam dipinggir pantai sambil menunggu semburan ombak laut.

Mereka barangkali sudah mengetahui khasiat dan manfaat mandi dan berendam di air laut sangat bermanfaat bagi kesehatan.

DR dr Khairun Nisa Berawi M Kes,AIFO dalam sebuah tulisannya menjelaskan, air laut memiliki komposisi  yang sama dengan komposisi plasma darah manusia. Penggunanaan air laut sebagai obat sudah mulai dilakukan sejak 4 abad sebelum masehi. 

Air laut memiliki 84 elemen vital yang juga ditemukan dalam tubuh manusia, termasuk diantaranya vitamin, garam, mineral dan asam amino

Selain itu air laut juga kaya akan mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, antimicrobial dan antibacterial yang membantu mengeradikasi berbagai kuman/bateri dan mikroorganisme yang mungkin menyebabkan infeksi khususnya pada permukaan tubuh.

 Tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menyerap elemen-elemen tersebut melalui pembuluh darah yang juga memperdarahi permukaan kulit.(*)