Kadis A Asman: Manfaatkan Teknologi Tingkatkan Produksi

Bone Media Duta,- Temu Lapang Teknologi Kemitraan MTT bersama PT Maxxi Tani Teknologi dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone, dilaksanakan di Patimpeng, Jumat 19 Juli 2024.

Kadis TPHP Kabupaten Bone, H Andi Asman Sulaiman SSos MM, menyambut baik kegiatan temu lapang ini.
"Sudah lama saya nantikan kegiatan seperti ini. Terima kasih PT Maxxi Tani Teknologi mau ikut serta mendukung kemajuan pertanian di Bone. Kami dari Dinas Pertanian siap mensupport," tegasnya.

Menurutnya, kegiatan di Patimpeng ini menjadi awal dan contoh bagi kecamatan-kecamatan lain di Bone. Sehingga, Kabupaten Bone ini bisa menjadi terdepan di Sulsel.

"Loncatan-loncatan teknologi harus dimanfaatkan untuk meningkatan produksi pertanian, termasuk jagung seperti yang kembangkan di Patimpeng. Hanya, kalau bisa diperluas lagi lahan yang digarap," jelas Andi Asman Sulaiman.hjvhhhnnnnn

Satu kesyukuran, kata dia, karena pertanian di Bone ini menjadi perhatian pusat. "Kita patut bersyukur, kita punya punya Menteri Pertanian orang Bone. Sehingga, bantuan-bantuan mengalir begitu besar," katanya yang tak lain, adik kandung Menteri Pertanian RI, H Andi Amran Sulaiman itu.

Bentuk-bentuk bantuan itu, seperti alsintan (traktor, mesin panen padi dan pompanisasi), bibit jagung 60 ribu ton dan lainnya.

"Kita akan terus berjuang agar bantuan itu semakin meningkat ke depannya, baik alsintan, bibit jagung, benih padi dan pupuk.

 Tentu dengan syarat, petani serius meningkatkan produksinya. Dan, mendoakan Pak Mentan agar selalu sehat serta diberi kekuatan," ujar mantan Camat Barebbo itu.

Bukti lain keseriusan pemerintah pusat terhadap pertanian di Bone, saat Menteri Pertanian mengajak Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melihat sawah di Bone dan melakukan tanam padi dan menyalurkan bantuan pompanisasi.

Pada kesempatan itu, Andi Asman Sulaiman juga memerintahkan jajarannya, untuk memberi perhatikan khusus ke petani di Patimpeng, karena lahannya kebanyakan tadah hujan.

"Saya minta, ditambah pompanya. Areng memenni maega. Karena itu lebih bermanfaat di sini, karena lahan tadah hujan. Maksimalkan, termasuk dukungan alsintan lainnya," kuncinya.

Sementara itu, RH PT Maxxi Tani Teknologi Wilayah Sulawesi, Seni Arpan pada kesempatan itu, menegaskan mendukung program pertanian dengan teknologi modern, mulai hulu hingga hilir. Mulai tanam hingga panen.

"Kami dari PT Maxxi siap mendukung peningkatan produksi dengan memanfaatkan teknologi. Dan kami merasa bangga bisa berkontribusi untuk kemajuan pertanian di Bone," tegasnya.

Untuk di Patimpeng ini, kata dia, baru digarap 4 Ha untuk tanaman jagung. "Kami baru menggarap di dua tempat. Di Patimpeng 4 hektar dan di Palakka 5 hektar. Semoga ke depan, bisa terus bertambah," papar Seni Arfan.

Untuk di uji coba di Patimpeng ini, semua ditanggung PT Maxxi, mulai bibit, pupuk, racun hingga panen. "Semua kita tangani di sini. Termasuk menggunakan drone untuk pemupukan, sebar benih dan lainnya," kuncinya.

Sementara itu, anggota DPRD Bone H Andi Muh Nur, yang juga tokoh masyarakat Patimpeng, menegaskan bahwa kegiatan ini sangat baik, untuk kebaikan petani.

"Insya Allah kalau ada kegiatan begini, saya dukung 100 persen. Secara pribadi dan sebagai masyarakat di Bone Selatan," tegasnya.

Sejumlah pihak hadir dalam pertemuan itu, selain dari pihak PT Maxxi, jajaran Dinas TPHP Bone, Anggota DPRD Bone H Andi Muh Nur, Tripika Kecamatan Patimpeng, Perwakilan Desa, Tokoh Masyarakat dan Kelompok Tani se-Kecamatan Patimpeng. (*)

Posting Komentar untuk "Kadis A Asman: Manfaatkan Teknologi Tingkatkan Produksi"