Hasil Survei di Pilkada Bone: Andi Rio 22,8%, Islamuddin 18,6%, Yasir 14,1%


Bone  Media Duta,- Lembaga survei Lensa Indonesia Research and Consulting melakukan survei elektabilitas bakal calon bupati di Pilkada Bone 2024.

 Hasilnya, elektabilitas Anggota DPR RI Andi Rio Padjalangi unggul, disusul Pj Bupati Bone Andi Islamuddin dan politikus Gerindra Yasir Mahmud di posisi ketiga.

Berdasarkan hasil survei Lensa yang dirilis dalam konferensi pers pada Rabu (24/7/2024), survei ini dilakukan pada 1-15 Juli 2024. Responden sebanyak 800 orang dipilih secara acak atau stratified random sampling yang tersebar di seluruh kecamatan di Bone.

Tingkat kepercayaan survei elektabilitas bakal calon bupati Bone ini sebesar 95%. Sedangkan margin of error survei ini kurang lebih.

Hasilnya, Andi Rio unggul dengan tingkat elektabilitas di angka 22,8%, disusul Andi Islamuddin 18,6% dan Yasir Mahmud 14,1%. Selanjutnya, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Bone Andi Asman 12,6% dan Anggota DPR RI Andi Akmal Pasludin 10,8%.

Sementara elektabilitas 5 figur lainnya, yakni Kadis Pariwisata Bone Andi Promal Pawi 2,5%, Anggota DPRD Sulsel Andi Irwandi Natsir 2,0% dan mantan Kadis Pendidikan Andi Syamsiar Halid 1,3%.

Kemudian ada Anggota DPRD Sulsel Andi Mangunsidi 0,5% dan politikus Ahmad Zainuddin 0,1%. Dari survei ini juga ditemukan sebanyak 14,8% persen masyarakat Bone belum menentukan pilihan.

Direktur Lensa Indonesia Sugianto Pettanagara menilai elektabilitas para kandidat tersebut masih cukup bersaing khususnya figur yang berada di posisi 5 teratas. Elektabilitas Andi Islamuddin juga dinilai masih berpotensi naik signifikan ke depan.

"Kalau melihat ini sama-sama dari elektabilitas 5 besar ini yang di atas 10% semua berpeluang. Tetapi untuk Pj memiliki peluang yang lebih besar dari sisi pengalaman, figuritas. Jadi saya kira peluangnya tergantung kendaraannya, masyarakat juga menunggu siapa yang diusung Gerindra," katanya.

Hanya saja, kata dia, banyak masyarakat Bone belum mengetahui Andi Islamuddin akan maju Pilkada Bone. Apalagi belum ada langkah-langkah pemenangan.

"Masyarakat Bone belum mengetahui kalau Pak Andi Islamuddin ini maju Pilbup di Kabupaten Bone, karena masyarakat Bone tidak melihat langkah-langkahnya," katanya.

Meski demikian dia menilai dinamika politik di Bone masih sangat dinamis. Sejauh ini Pilkada Bone masih potensi tiga pasangan calon, head to head, bahkan kotak kosong.
(asm/sar)

Posting Komentar untuk "Hasil Survei di Pilkada Bone: Andi Rio 22,8%, Islamuddin 18,6%, Yasir 14,1%"