Bupati Pangkep, Peraih Doktor Kelima di Sulsel dengan Predikat Cum Laude

  PoBupati Pangkep Yusran Lalogau pada ujian promosi doktor di UMI Makassar, Jumat (26/7)

Makassar Media Duta,- Deretan kepala daerah di Sulawesi Selatan  (Sulsel) yang menambah gelar doctor di depan namanya bertambah lagi. Setelah Bupati Maros, A.S. Chaidir Syam nama Bupati Pangkep H. Muh Yusran Lalogau, Jumat (26/7/2024) hari ini resmi menyandang title akademik itu setelah berhasil mempertahankan disertasinya di depan tim penguji dan promotornya, dalam ujian promosi doktor di Aula Fakultas Kedokteran, UMI Makassar.

Disertasi berjudul "Analisis Keberlanjutan dan Strategi Pengelolaan Rajungan (portunus sp) di Perairan Kabupaten Pangkep" ini mampu dipertahankan dengan predikat Cum Laude. Bupati Pangkep yang kembali mencalonkan diri untuk periode kedua ini menyelesaikan studi hanya 2 tahun 8 bulan dengan IPK 3,98.

Usai mempertahankan disertasi di depan penguji dan promotornya, Yusran tak bisa membendung air mata haru sambil mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama orangtua, istri tercinta, promotor yang sudah membimbingnya serta para pejabat Forkopimda Pangkep.

"Terima kasih banyak orangtua yang sudah menyekolahkan dari SD, SMP, SMA hingga saya bisa meraid doktor hari ini," kata Yusran.

Karena itu, Yusran juga tak lupa memberi motivasi anak muda di Sulsel khususnya pelajar Pangkep untuk peduli terhadap pendidikan.

 "Saya titipkan kepada seluruh orangtua ajak anak kita lanjutkan Pendidikan.  Jangan takut lanjutkan Pendidikan. Inilah yang akan mengubah mindset dengan  pengetahuan baru," paparnya.

Yusran Lalogau adalah penyandang doktor kelima bupati/kepala daerah di Sulawesi Selatan medio 2020 hingga 2024 ini. Sebelumnya, ada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang meraih doctor bidang Ilmu Hukum di Unhas pada 2021.

 Sedangkan Januari 2024 lalu sosok AS Chaidir juga meraih doctor bidang yang sama di Kampus UMI Makassar. Mantan Bupati Takalar Syamsari Kitta juga meraih doctor di IPB pada 2022 lalu bidang Perikanan.

 Serta ada mantan Bupati Luwu Basmin Mattayang meriah gelar akademik tertinggi pada 2020 silam bidang Administrasi Publik di Univeritas Negeri Makassar (UNM).

Yusran lahir di Pangkep 1 April 1992. Menjadi kepala daerah termuda di Sulsel dengan usia 28 tahun pada 2020 lalu. Saat dilantik sebagai bupati, Yusran sempat menggeser posisi Adnan Purichta Ichsan sebagai kepala daerah termuda di Sulawesi Selatan.

Ketika itu hingga saat ini, pemilik nama Muhamma Yusran Lalogau yang akrab disapa MYL ini dianggap mewakili representasi milenial. Sebelum menjabat bupati, Yusran pernah tercatat sebagai anggota DPRD Pangkep.

Selama hampir satu periode, MYL tidak sedikit mendapat tantangan dalam pemerintahan yang dijalankan. Banyak yang pro tapi tidak sedikit juga yang kontra terhadap kebijakan-kebijakannya.

 Tapi, dia selalu menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai kinerjanya. “Pemimpin itu tidak ada yang sempurna. Yang mendukung juga tidak mungkin semuanya. Riak-riak itu pasti ada,” kata Yusran dalam beberapa kesempatan.

Kini Muh Yusran Lalogau kembali mencalonkan diri untuk periode kedua berpasangan dengan mantan rivalnya pada periode lalu, Abdul Rahman Assegaf melalui Partai NasDem. ***

Posting Komentar untuk "Bupati Pangkep, Peraih Doktor Kelima di Sulsel dengan Predikat Cum Laude"