Biarpun Haji Tiap Tahun Sedekah Banyak, Tetapi Tidak Sholat Akan Sia-sia

             Syekh Ali Jaber
Jakarta  Media Duta,- Kisah tentang seseorang yang tidak sholat hingga usia 50 tahun sering menjadi bahan diskusi yang menarik dalam kajian Islam. Syekh Ali Jaber, seorang ulama yang dikenal dengan penjelasan mendalamnya tentang agama, pernah membahas hal ini dalam ceramahnya.

Syekh Ali Jaber pernah mengungkapkan pentingnya sholat dalam ajaran Islam dan dampaknya terhadap amal ibadah seseorang.

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa meskipun seseorang melakukan ibadah lainnya seperti haji setiap tahun, puasa setiap Ramadhan, dan bersedekah setiap hari, jika sholatnya tidak dilaksanakan, semua amal tersebut bisa dianggap tidak berarti.

"Biarpun dia haji setiap tahun, puasa setiap Ramadan, dia bersedekah berinfak setiap hari tapi tidak pernah sholat sama sekali, sia-sia amalan tersebut," katanya.

"Yang pertama kali akan dihisab oleh Allah adalah sholatnya," sambungnya.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sholat sebagai amal ibadah utama dalam proses penilaian di akhirat. Jika sholat seorang hamba diterima, barulah amal ibadah lainnya akan dipertimbangkan.

"Kalau sholat itu beres, baru akan ditanya yang lain," ujar Syekh Ali Jaber, menjelaskan urutan dalam proses hisab.

Hal in menunjukkan bahwa sholat memiliki posisi yang sangat penting dan menjadi dasar bagi diterimanya amal ibadah lainnya.

"Kalau sholatnya tidak ada, Allah tidak perlu bertanya yang lain," tambahnya.

Pernyataan ini menunjukkan bahwa sholat adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi agar amal ibadah lainnya dianggap sah di hadapan Allah.(*)

Posting Komentar untuk "Biarpun Haji Tiap Tahun Sedekah Banyak, Tetapi Tidak Sholat Akan Sia-sia"