Andi Sudirman, Bakal Lawan Kota Kosong Pilgub Sulawesi Selatan

Jakarta, Media Duta   - Petahana gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman telah mendapatkan dukungan dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk maju Pilkada 2024. Andi Sudirman merupakan gubernur Sulawesi Selatan pada 2022 hingga 2023.

Banyak yang prediksi Andi Sudirman Sulaiman bakal lawan kotak kosong. Pasalnya hingga pembuatan berita ini belum ada yang pasti calon Pilgub yang akan ikut bertarung dengannya.

Andi sebelumnya merupakan wakil gubernur. Namun, karena Nurdin Abdullah tertangkap kasus korupsi, akhirnya Andi diangkat menjadi pelaksana tugas gubernur. Lantas, bagaimana sosok Andi Sudirman dan perjalanan kariernya? Berikut ini profilnya.

Profil Andi Sudirman
Memiliki nama lengkap Andi Sudirman Sulaiman, lahir pada 25 September 1983 di Bone, Sulawesi Selatan. Ia merupakan anak ke-11 dari 12 bersaudara, dan masih memiliki keturunan dari Raja Bone ke-23, La TenriTappu.

Andi merupakan lulusan fakultas teknik di Universitas Hasanuddin. Selama berkuliah, Andi adalah inisiator dibentuknya Forum Pelajar Mahasiswa dan menjadi ketua umum.

Sebelum bekerja dalam politik, Andi menekuni bidang teknik sebagai pekerjaannya. Andi mengawalinya dengan bekerja sebagai project controls engineer di PT Thiess Contractor pada 2005 hingga 2008.

Terakhir, Andi bekerja sebagai project manager di PT Offshore Services Indonesia pada 2017. Tidak hanya itu, Andi juga sempat bekerja di beberapa perusahaan ternama, seperti PT Petrosea Tbk dan PT Marine Engineering Services.

Andi Sudirman mencoba peruntungan di dunia politik. Andi menjabat sebagai wakil gubernur mendampingi Nurdin Abdullah, pada 2018 hingga 2021.

Kemudian, Nurdin Abdullah terbukti terlibat dalam kasus korupsi. Hal itu membuatnya harus diberhentikan dari jabatannya sebagai gubernur Sulawesi Selatan. Berhentinya Nurdin membuat Andi diangkat sebagai pelaksana tugas gubernur, untuk menggantikan posisinya.

Partai Nasdem kemudian menunjuk Andi Sudirman untuk maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) 2024. Namun, belum diketahui siapa yang akan mendampingi Andi Sudirman sebagai wakil. (*)

Posting Komentar untuk "Andi Sudirman, Bakal Lawan Kota Kosong Pilgub Sulawesi Selatan"