Deta Raya Koleksi 12 Istri, 52 Anak, 212 Cucu

Tambolaka Media Duta online,- Adagium klasik ‘banyak anak banyak rejeki’ tepat disematkan kepada Deta Raya. Deta, pria yang kini menyentuh usia 81 tahun, memiliki 12 isteri, 52 anak, 212 cucu, dan 3 cicit.

Mengoleksi belasan isteri, puluhan anak, ratusan cucu, dan tiga cicit, tentu menjadi berkah seorang Deta menghadapi momentum politik Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

Deta tercatat pernah menjabat Kepala Desa Waiha, Kecamatan Kodi Balghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Langkah enteng Deta meraih kursi Kepala Desa Waiha, ditopang pasokan suara jumbo para isteri, anak-anak bahkan ratusan cucu tanpa butuh kampanye kolosal.

Deta membuktikan, pada Pemilihan Calon Kepala Desa Waiha tahun 2009 lalu, ia menang telak atas kompetitornya sehingga terpilih sebagai Kepala Desa Waiha masa tugas 2009-2014.

Kalau pada musim kampanye pemilihan legislatif, bupati, gubernur, sampai presiden, saya selalu dihubungi oleh para tim sukses karena memang saya punya basis suara dalam rumah saja sampai ratusan lebih. Itu belum termasuk keluarga lainnya. 

Tentu kalau digabung akan sangat banyak,” ujar Deta mengutip Kompas.com, Sabtu (18/10/2014).

Statusnya sebagai kepala desa dengan mengoleksi banyak istri tak pernah dipersoalkan pihak kecamatan maupun pemerintah kabupaten. Mengapa?

 Deta punya andil besar dalam setiap momen politik, khususnya Pilkades.

Masyarakat masih menginginkan saya sebagai kepala desa. Kalau untuk legislatif ataupun bupati, tentu saya harus pikirkan metode apa nanti yang akan saya pakai, tetapi itu belum untuk sekarang,” ujar Deta.

Memiliki keluarga dengan segudang anggota dan ditopang fisik yang masih kuat, Deta mampu menafkahi anggota keluarganya secara lahiriah maupun batiniah. Semua istrinya masing-masing dibelikan rumah dan kebutuhan pokok setiap hari.

Sebanyak 12 orang istri tinggal terpisah di dua dusun di Desa Waiha. Namun, karena terlalu banyak memiliki anak, Deta lupa nama dari sebagian besar anak-anaknya.

“Saya lupa nama anak saya yang lain karena terlalu banyak, sementara untuk 12 istri, saya tahu nama mereka semua,” kata Deta kepada Kompas.com, Jumat (17/10/2014).

Menurutnya, 12 orang istrinya itu dinikahi secara sah, baik secara adat maupun agama (Kristen Protestan). Namun, dari 12 orang istrinya itu, hanya tinggal sembilan orang karena tiga lainnya sudah berpulang beberapa tahun lalu.

“Tiga orang istri saya sudah meninggal, yakni istri pertama, ketiga, dan keenam. Sementara itu, yang lainnya masih setia mendampingi saya sampai sekarang,” ujarnya.

Deta mengaku semua istri yang dinikahinya tidak mempersoalkan hubungan mereka. Bahkan, ketika ia melamar istrinya yang baru, istri-istri terdahulu pun ikut menemani dan mengamini saja keinginan suami mereka. (Ansel Deri)

Posting Komentar untuk "Deta Raya Koleksi 12 Istri, 52 Anak, 212 Cucu"