Masjid Haj.Andi Nurhadi Dianggarkan Rp1 Triliun Berkapasitas 15 ribu Jemaah


Makassar Media Duta online, - Sebuah Masjid megah yang dikabarkan bernilai Rp 1 triliun akan dibangun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Lantas seperti apa penampakan desain masjid megah tersebut?

Masjid tersebut akan berlokasi di tengah Kota Makassar, tepatnya di Jalan Kesadaran IV, Panaikang, Kota Makassar. 

Tak cuma sebagai tempat ibadah, nantinya Masjid ini akan digunakan sebagai pusat pengembangan peradaban Islam di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Masjid megah yang dibangun mantan menteri pertanian Andi Amran Sulaiman ini, diberi nama Masjid Hajjah Andi Nurhadi. Pemberian nama itu dilakukan Amran demi mempersembahkan pahala dan amal jariyah kepada mendiang Sang Ibu.

Lantas seperti apa megahnya Masjid ini?
 Berikut penampakan megahnya Masjid baru di Makassar ini!

 Sejarah hingga Keunikan Arsitekturnya
Penampakan Desain Masjid Hajjah Andi Nurhadi Makassar.

 Masjid Hajjah Andi Nurhadi ini merepresentasikan Kapal Pinisi sebagai apresiasi kebanggaan masyarakat suku Makassar dan suku Bugis yang dikenal sebagai pelaut ulung. 

Selain itu, Kapal Pinisi terkenal gagah dan tangguh ketika mengarungi samudera.

Pembangunan Masjid Hajjah Andi Nurhadi ini juga terinspirasi dari kemegahan Masjid Istiqlal Jakarta. Oleh karena itu, Masjid Hajjah Andi Nurhadi didesain memiliki sejumlah fasilitas.

 Salah satunya plaza Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat di Makassar.

Adapun desain pelataran dalam Masjid Hajjah Andi Nurhadi terinspirasi dari Kota Suci, Madinah. Aula Masjid Hajjah Andi Nurhadi ini didominasi oleh warna putih dengan sejumlah aksen-aksen emas yang menambah kemegahan.

Dalam Aula tersebut disediakan fasilitas berupa tempat duduk dengan kapasitas mencapai 1.000 orang. 

Sementara area salat pria memiliki kapasitas 10 ribu jemaah dan area salat wanita berkapasitas 5.000 jemaah.

 Sejarah, Arsitektur hingga Maknanya
Layaknya Masjid pada umumnya, Masjid Hajjah Andi Nurhadi juga dilengkapi dengan menara.

 Direncanakan ketinggian menara itu mencapai 171 meter dengan sejumlah fasilitas di puncaknya.

Pada puncak menara juga akan disediakan fasilitas sky restaurant deluxe dan observation deck Kota Makassar. 

Masjid megah ini juga akan dilengkapi dengan inkubator yang terdiri dari perpustakaan, playground, taman pendidikan Al-Qur'an, dan kantor.

Bukan cuma itu, Masjid Hajjah Nurhadi juga akan memiliki sejumlah lorong yang menceritakan penggalan kisah Nabi Muhammad SAW.

Rumah Sakit Internasional

Selain Masjid, bersamaan dengan itu juga dibangun sebuah Rumah Sakit Internasional. Rumah Sakit tersebut diberi nama AAS International Hospital.

Rumah Sakit Internasional ini nantinya dikabarkan mampu menampung sebanyak 20 ribu pasien. Dan menjadi rujukan untuk masyarakat yang ada di Kawasan Indonesia Timur.

Dengan begitu, masyarakat di kawasan ini bisa lebih dekat mendapatkan pelayanan pengobatan dan tidak perlu ke luar negeri.

Nah, demikianlah ulasan tentang Masjid megah baru yang akan di bangun di Kota Makassar. Bagaimana menurut detikers?
(edr/alk)

Posting Komentar untuk "Masjid Haj.Andi Nurhadi Dianggarkan Rp1 Triliun Berkapasitas 15 ribu Jemaah"