KKB Egianus Kogoya Bunuh 7 Pendulang Emas di Yahukimo


Papua Media Duta online, - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya lagi-lagi berulah. Terbaru, 7 orang pendulang emas di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan tewas akibat ditembak.


Ulah keji KKB itu dilancarkan di lokasi pendulangan emas ilegal di Kampung Mosom Duba, Distrik Seradala, Kabupaten Yanukimo, Senin (16/10) sekira pukul 13.00 WIT. Dalam serangan itu, ada 11 orang yang dinyatakan selamat.

"Tim gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi 11 warga selamat dan 7 warga yang meninggal dunia," kata Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Faizal mengatakan aparat sempat mendapat gangguan saat hendak melakukan evakuasi. Bahkan sempat terjadi aksi saling tembak selama lebih satu jam.

"Setibanya di TKP, mendapat gangguan tembakan dan terjadi kontak tembak selama 1 jam 30 menit,.
Faizal pun menegaskan akan mengejar dan menegakkan hukum terhadap Egianus.

"Kami akan kejar pelaku dan akan kami lakukan penegakan hukum terhadap KKB Egianus Kogoya," tegasnya.

Korban Dievakuasi ke Polres Yahukimo
Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan korban yang selamat dan meninggal telah dievakuasi. Mereka dievakuasi ke Polres Yahukimo.

"Dievakuasi ke Polres Yahukimo semua. Iya betul, semua dibawa ke Polres Yahukimo dulu," kata AKBP Bayu Suseno kepada detikcom, Selasa (17/10).

Sejauh ini, AKBP Bayu mengungkapkan korban yang berhasil dievakuasi dan selamat berjumlah 11 orang. Mereka mengalami luka ringan akibat serangan KKB tersebut.

"7 korban selamat berhasil dievakuasi siang ini dan dalam kondisi luka-luka ringan jadi total korban selamat berjumlah 11 orang dan 7 warga yang meninggal dunia," ujarnya.

Identitas korban asal Sulsel di halaman selanjutnya.

6 Korban Tewas Warga Sulsel
Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan total 18 orang menjadi korban serangan ini. Sebanyak 7 orang dinyatakan meninggal sedangkan 11 lainnya berhasil selamat.

"Tim gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi 11 warga selamat dan 7 warga yang meninggal dunia," kata Kombes Faizal, Selasa (17/10).

Faizal juga mengungkap jika 6 korban tewas akibat serangan KKB itu merupakan warga Sulawesi Selatan (Sulsel). Sementara 1 korban lain bernama Anju berasal dari Sumatera Utara (Sumut).

Berikut identitas pendulang emas ilegal yang diserang KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Identitas 7 korban tewas
1. Udin (Asal Sulsel)
2. Maun (Asal Sulsel)
3. Ardi (Asal Sulsel)
4. Hendra (Asal Sulsel)
5. Anju (Asal Sumut)
6. Appe (Asal Sulsel)
7. Siger (Asal Sulsel)

Identitas 11 korban selamat
1. Amiman (33)
2. Abdul Azis alias Nene Azis (53)
3. Erwin (36)
4. Abdul Ramansyah alias Rahsya (31)
5. Abdul Samad (53)
6. Renaldi (28)
7. Hermudin (42)
8. Bebeng (41)
9. Markus Tumpia (35)
10. Ahmad Saleh Ohe (21)
11. Holden (48)
(asm/hsr)

Posting Komentar untuk "KKB Egianus Kogoya Bunuh 7 Pendulang Emas di Yahukimo"