Fatmawati Maju Caleg DPR RI Gantikan SYL di Dapil Sulsel 1

Foto Wakil Walkot Makassar Fatmawati Rusdi Masse

Makassar Media Duta Online, - Wakil Wali Kota (Wawalkot) Makassar Fatmawati Rusdi Masse ikut bertarung sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI. Fatma maju menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di daerah pemilihan (Dapil) Sulsel I.

"Iya (maju caleg DPR RI Dapil Sulsel I). (Namanya) sudah (didaftarkan) di Silon itu KPU Pusat," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Sulsel Rudianto Lallo , Kamis (5/9/2023).

Rudianto mengatakan nama Fatmawati memang didaftarkan di menit-menit akhir masa pencermatan daftar calon tetap (DCT) di KPU. Fatmawati disiapkan menggantikan SYL di nomor urut 1.

"Sudah (didaftarkan). (Karena) kemarin terakhir (batas pendaftarannya) toh. Ya pasti nomor urut 1," ucapnya.

Namun, Rudianto masih belum menyebutkan secara rinci alasan memilih Fatmawati untuk menggantikan SYL. Menurutnya, jawaban atas pertanyaan tersebut merupakan kewenangan DPP NasDem.

"Perintah partai untuk kemudian beliau (Fatmawati) ditugaskan maju di DPR RI. Saran saya sih bisa dikonfirmasi di (DPP) Partai," tuturnya.

Dia juga enggan berkomentar lebih lanjut terkait alasan mengganti SYL dari daftar caleg DPR RI. Rudianto hanya menegaskan Fatmawati ditugaskan untuk maju sebagai salah satu caleg jagoan NasDem di Dapil Sulsel I.

"Yang jelas (Fatma) ditugaskan Partai (NasDem) untuk mengisi salah satu komposisi dari 8 orang daftar caleg Parta NasDem di Dapil Sulsel I," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku syok mendengar Fatmawati akan mundur dari Wawalkot Makassar. Danny menyebut Fatma melepas jabatannya demi menjadi bacaleg DPR RI di Pileg 2024.

"Jadi tadi malam saya ketemu di Jakarta sama beliau (Fatmawati). Salah satunya beliau mau pamit (dari Wawalkot). Saya sebenarnya cukup lemas dan syok juga," ujar Danny Pomanto , Kamis (5/10).

Danny menganggap Fatmawati sangat membantu menjalankan agenda pemerintahan. Menurutnya, Fatmawati merupakan sosok yang cakap selama mendampinginya memimpin di Kota Makassar.

"Kenapa saya syok? Saya anggap Ibu Wawali ini partner yang cukup baik dengan saya selama ini," ungkapnya.

Namun, Danny mengaku tetap menghargai dan menghormati keputusan Fatmawati mundur karena alasan politik. Dia menyadari situasi ini merupakan hal yang wajar terjadi.

"Tapi saya pahami, karena itu perintah partai beliau. Sehingga kami memahami itu. Suka tidak suka, kami harus terima itu," beber Danny. (asm/hsr

Posting Komentar untuk "Fatmawati Maju Caleg DPR RI Gantikan SYL di Dapil Sulsel 1"