Wabup Soppeng Serahkan Bantuan Pada Kegiatan Refleksi Gerakan Zakat Infak

Soppeng  Media Duta Online,-Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP. Menghadiri acara Refleksi Gerakan Zakat Infak dan Sedekah Baznas Kab. Soppeng, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Selasa, 26 September 2023.

Ketua BAZNAS Soppeng KM. Satturi, S.Pdi, M.Pdi dalam laporannya, Kegiatan refleksi ini dilaksanakan dalam arti bahwa kami para pemimpin Baznas, pengurus dan staf sudah mencukupi waktu dua tahun kepemimpinan kami sejak tahun 2021 yang lalu pada saat kami dilantik.

Olehnya itu, saya akan melaporkan beberapa hal terkait pemasukan dan pendistribusian Baznas.

Pemasukan pada tahun 2021-2022 neraca dan luar neraca kurang lebih sebanyak 4,7 M sedangkan tahun 2022-2023 per Agustus 2023 neraca dan luar neraca kurang lebih sebanyak 5,1 M.

 Pengumpulan ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 94 % dan pengumpulan ZIS lebih didominasi oleh Zakat Perorangan Non UPZ (Unit Pengumpul Zakat), sementara UPZ SKPD yang masih aktif sampai sekarang hanya 7 SKPD.

BAZNAS Kab. Soppeng sendiri, selama ini telah menghimpun dan mengelola zakat dari semua elemen masyarakat maupun birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Soppeng, BUMD, dan institusi lainnya. 

Hasil pengumpulan tersebut didistribusikan oleh BAZNAS, kepada mereka yang berhak menerima atau mustahiq, sesuai dengan ketentuan Syariah Islam termasuk korban bencana dan bedah Rumah Tidak Layak Huni yang dikerjasamakan dengan Dandim Soppeng dan Polres Soppeng.

Padan kesempatan ini saya sampaikan pula bahwa tahun ini Alhamdulillah pada tanggal 23-25 Mei kemarin, kami diaudit oleh tim dari Makassar dan informasi yang kami dapat bahwa kami mendapatkan predikat WTP dan Insya Allah akan dibuat acara khusus untuk penyerahan WTP dari Tim Audit Makassar.

Sambutan Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP. Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankan saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada segenap jajaran BAZNAS Kab. Soppeng yang telah memperlihatkan kinerjanya dalam pengelolaan BAZNAS Kab. Soppeng yang sudah memasuki 2 tahun berjalan.

Sebagai ummat Islam, membayar zakat, infak dan sedekah berarti menjalankan suatu kewajiban setara dengan rukun Islam lainnya. 

Karena melalui zakat kita bisa berbagi rezeki, dan oleh karenanya melalui acara refleksi ini selaku Wakil Bupati Soppeng senantiasa berharap kepada kita semua untuk mendukung semaksimal mungkin segala Upaya yang dilakukan oleh BAZNAS Kab. Soppeng.

 Mari kita memaksimalkan dan menghimbau kepada ASN untuk mengeluarkan zakat yang masih lalai menunaikan zakatnya.

Semoga kedepan dengan melalui komunikasi yang baik di semua pihak, BAZNAS Kab. Soppeng dapat semakin eksis dan yang terpenting saya ingatkan bahwa kita juga memberikan contoh yang baik ditengah-tengah masyarakat terutama untuk aparat pemerintah. 

Oleh karena itu melalui kegiatan refleksi ini bisa menjadi evaluasi setelah berjalan 2 tahun terhadap program yang jelas tentang pengumpulan, pendistribusian pendayagunaan Zakat, Infak dan sedekah.

Acara dilanjutkan penyerahan secara simbolis bantuan sembako kepada Mustahik dalam hal ini perwakilan dari Legiun Veteran dan penyandang disabilitas oleh Wakil Bupati Soppeng turut mendampingi Ketua Baznas Kab. Soppeng.

Pada acara tersebut, Anre Gurutta Prof. Dr. H. M. Faried Wadjedy, MA selaku Pimpinan pondok pesantren DDI Mangkoso Penyampaian Teknisi tentang gerakan ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah) kepada para tamu undangan yang hadir.

Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua Baznas Kab. Barru, para Anggota Forkopimda, para Staf Ahli, Asisten Setda, para Kepala SKPD, para Camat, Lurah/Desa se Kab. Soppeng, Ketua UPZ Kecamatan se Kab. Soppeng.(Zulfikar)


Posting Komentar untuk "Wabup Soppeng Serahkan Bantuan Pada Kegiatan Refleksi Gerakan Zakat Infak"